Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berhitung tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian / Galoh Rahmawati Arifatul Nurul Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berhitung tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian / Galoh Rahmawati Arifatul Nurul Hikmah

Hikmah, Galoh Rahmawati Arifatul Nurul (2017) Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berhitung tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian / Galoh Rahmawati Arifatul Nurul Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmah Galoh Rahmawati. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berhitung Bagi Tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Dr. Asim M. Pd Kata Kunci Tunagrahita Metode Bermain Peran Kemampuan Berhitung Penjumlahan. Anak tunagrahita merupakan anak dengan hambatan kecerdasan yang dibawah rata-rata dengan keterbatasannya maka akan menghambat kecerdasan akademiknya seperti pembelajaran berhitung khususnya penjumlahan dan pengurangan. Kemampuan berhitung penjumlahan merupakan kemampuan menggabungkan dua bilangan atau lebih sedangkan mengurangi artinya mengambil dua bilangan atau lebih. Materi penjumlahan dan pengurangan tersebut diajarkan pada anak tunagrahita kelas VIII sekolah luar biasa. Anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian kesulitan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Kurangnya model pembelajaran yang dilakukan disekolah mengakibatkan siswa kurang aktif dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang cocok bagi tunagrahita adalah model bermain peran (role playing). Model bermain peran adalah model pembelajaran yang mana siswa diharuskan untuk aktif dalam melakukan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran bermain peran (role playing) dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita kelas VIII SLB Aisyiyah Krian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model bermain peran terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita kelas VIII SLB Aisyiyah Krian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Penelitian ini menggunakan 7 siswa tunagrahita kelas VIII sebagai subjek penelitian. Pengemupulan data pada penelitia berupa 10 soal tes tulis dan 8 soal tes lisan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis menggunakan uji Wilcoxon adalah data hasil pre-test dan post-test. Hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh niali T_hitung 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon 945 0 05 dari daftar uji Wicoxon diperoleh T_tabel 4. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa H_i diterima dan H_o ditolak sebab T_(hitung (0)) 8804 T_(tabel (4)). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model bermain peran (role playing) terhadap pengaruh yang signifikan dengan kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan di SLB Aisyiyah Krian. ABSTRACT Hikmah Galoh Rahmawati. 2017. The Effect of Role Playing Method Towards Calculating Ability for Student with Intelectual Disability in SLB Aisyiyah Krian Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Dr. Asim M. Pd Keywords Intellectual Disability Role Playing Method Calculating Ability to Sum Children with intellectual disability is children with the intelligence below the average. That disability will hamper their academic intelligence such as numeracy learning especially summing and subtracting. The calculating ability to sum is the ability to combine two or more numbers while the calculating ability to subtract is the ability to take two numbers or more. The material of summing and subtracting is taught to the students with intellectual disability of grade VIII in exceptional school. Children with intellectual disability in SLB Aisyiyah Krian experience difficulty to do summing and subtracting operation. The lack of learning method conducted in school resulted in students less active in learning. One of the learning method that suitable for students with intellectual disability is role playing method. Role playing method is a learning method which students are required to be active in learning. The usage of role playing method can improve calculating ability in children with intellectual disability of grade VIII in SLB Aisyiyah Krian. This research was conducted to find out how far the effect of role playing method toward the calculating ability for students with intellectual disability of grade VIII in SLB Aisyiyah Krian. This research used quasi experiment research method with one group pre test and post test. This study used 7 students with intellectual disability of grade VIII in SLB Aisyiyah Krian as research subject. The technique of taking data in this research was in form of 10 written test and 8 oral test. The data analysis in this research used Wilcoxon test. Data analyzed using Wilcoxon test was the result of pre test and post test. The calculation result of Wilcoxon test obtained value Thitung 0. The critical value for Wilcoxon test 945 0 05 from Wilcoxon test list obtained Ttabel 4. From that calculation it can be stated that Hi is accepted and HO is rejected because Thitung (0) 8804 Ttabel (4). Based on these result it can be concluded that role playing method has significant influence toward the calculating ability for students with light intellectual disability in SLB Aisyiyah Krian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item