Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita di SLB Dr. Idayu 1 Malang / Atifah Fauzia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita di SLB Dr. Idayu 1 Malang / Atifah Fauzia

Fauzia, Atifah (2017) Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita di SLB Dr. Idayu 1 Malang / Atifah Fauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzia Atifah. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita di SLB Dr. Idayu 1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Pd Kata Kunci Multimedia interaktif membaca permulaan tunagrahita. Pembelajaran membaca permulaan bagi siswa tunagahita sangat penting sebab dapat mempengaruhi tahap perkembangan lainnya. Dengan memiliki kemampuan membaca akan memudahkan siswa dalam mengolah informasi. Subjek yang diteliti mengalami kesulitan tahap membaca permulaan misalnya kata dadu kemudia dieja d-a-d-u namun ketika dilafalkan menjadi kata baru. Penggunaan alat peraga pembelajaran sangat diperlukan bagi siswa tunagrahita. Siswa telah menggunakan media-media visual seperti buku membaca kartu huruf dan kartu sukukata namun siswa cenderung bosan dan lebih aktif dengan media yang berbasis teknologi. Alat peraga atau media harus disesuaikan dengan karakteristik siswa agar siswa tunagrahita yang sulit berpikir abstrak dan daya ingat yang lemah dapat lebih meudah memproses pengetahuan dan keterampilan. Media juga harus memiliki daya tarik sehingga siswa termotivasi dalam menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yaitu multimedia interaktif. Multimedia interaktif yang dikemas dalam CD ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita SLB Dr.Idayu 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg Gal kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penelitian.Tahap-tahap yang dilalui adalah 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembangan produk awal 4)validasi produk awal 5) revisi produk awal 6) uji coba lapangan terbatas dan 7) revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak dan efektif diterapkan bagi siswa tunagrahita di SLB Dr.Idayu 1 Malang dengan memperoleh skor validasi ahli media 97% (sangat layak) validasi ahli materi 76% (layak) dan validasi ahli pembelajaran ABK 88% (sangat layak). Multimedia interaktif yang dikembangkan terbukti efektif yang telah diuji dengan Uji T memperoleh kesimpulan t hitung 5 lebih besar dari t tabel 2 353 artinya media yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita. Saran penelitian ini adalah (1) mengvalidasi media pada beberapa ahli minimal 3 validator disetiap aspek penilaian agar semakin kuat hasil validasi media dan (2) uji coba lapangan lebih luas. ABSTRACT Fauzia Atifah. 2017. The Development of Interactive Multimedia to Improve Begining Reading Ability for Intellectual Disability Students in SLB Dr.Idayu 1 MalangMalang. Undergraduate Thesis. Department of Special Education. Faculty of Education. State University of Malang. Advisors (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Pd Keywords Interactive multimedia begining reading intllectual disability. Preliminary reading for students with intellectual disability is very important because it can affect other stages of development. By having the ability to read will facilitate students in processing information. The subject studied has difficulty in the beginning reading stage. For example the word dadu (dice) with spelling d-a-d-u but when it is pronounced into a new word. The use of teaching aids is very necessary for students intellectual disability. The students have used visual media such as reading books letter cards and syllable cards but they tend to be bored and more active with technology-based media. The visual aids or media should be tailored to the characteristics of the students so that the hard-minded abstract-mindedness of the intellectual disability students can more easily process knowledge and skills. The media must also have an attraction so that students are motivated in using it. This study aims to produce the interactive multimedia in form of CD expected to increase the interest and beginning reading ability of students with intellectual disability of SLB Dr.Idayu 1 Malang. The research method used in this research is adapted from Borg Gal model then adjusted to the research requirement. The steps are 1) research and data collection 2) planning 3) initial product development 4) initial product validation 5) revision of initial product 6) limited field trial and 7) revision of the final product. The result of the research showed that interactive multimedia is feasible and effective for intellectual disability students in SLB Dr.Idayu 1 Malang by obtaining validation score of 97% media expert (very worthy) material expert validation was 76% (proper) and validation of ABK 88% (very Feasible). The developed interactive multimedia has been proven effective which has been tested by Test T to get the conclusion of t arithmetic 5 is bigger than t table 2 353 it means that the developed media is effective in improving the beginning reading ability for the intellectual disability students. Suggestion of this research are (1) validating media at some experts at least 3 validator in every aspect of assessment so that stronger result of media validation and (2) field trial more broadly

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8974

Actions (login required)

View Item View Item