Pengaruh penerapan media Memasu dalam meningkatkan kemampuan identifikasi bunyi bagi siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Sartika Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media Memasu dalam meningkatkan kemampuan identifikasi bunyi bagi siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Sartika Rahmawati

Rahmawati, Sartika (2017) Pengaruh penerapan media Memasu dalam meningkatkan kemampuan identifikasi bunyi bagi siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Sartika Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Sartika. 2017. Pengaruh Penerapan Media Memasu dalam Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Bunyi Bagi Siswa Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendi-dikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si (II) Dr. Asim M. Pd Kata Kunci autis Media Memasu kemampuan identifikasi bunyi Siswa autis adalah anak yang memiliki dunianya sendiri. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa autis lemah dalam merespon keadaan lingkungan sekitar. Begitu juga dalam kegiatan pembelajaran mengenal konsep bunyi siswa autis kurang merespon materi yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hambatan tersebut penggunaan media sangat diperlukan yaitu media berbasis audio dan visual salah satunya adalah powerpoint dengan nama Media Memasu (mengenal nama dan suara). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan identifikasi bunyi siswa autis sebelum diberikan pembelajaran menggunakan Media Memasu (2) kemampuan identifikasi bunyi siswa autis setelah diberikan pembelajaran menggunakan Media Memasu (3) peningkatan Media Memasu terhadap kemampuan identifikasi bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode pre exsperiment dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada nilai rata-rata pretest sebesar 49 5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 91 2. Hasil output diperoleh dengan syarat jika 12310 H 12311 _0 diterima memiliki T hitung 8805 T table dan H_0 ditolak jika memiliki T hitung T tabel. Hasilnya Thitung Ttabel dapat diartikan bahwa T0 0 Ttabel 1 atau 0 1. Berdasarkan kriteria tersebut maka H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Media Memasu terhadap kemampuan identifikasi bunyi siswa autis kelas II SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Saran yang diberikan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat melanjutkan penelitian menggunakan pembelajaran menggunakan Media Memasu tidak hanya terbatas pada materi identifikasi bunyi. Modifikasi pembelajaran Media Memasu perlu digunakan untuk menyesuaikan cara belajar dengan hambatan khusus. Bagi pengguna media penggunaan Media Memasu disarankan mengatur terlebih dahulu penyimpanannya agar saat dibuka menggunakan microsoft office dengan tahun yang berbeda tidak merusak data. Bagi guru hasil penelitian dapat digunakan untuk referensi mengajar di kelas guna meningkatkan kemampuan identifikasi bunyi siswa autis dan mempermudah pemahaman materi ajar. Selain itu diharapkan guru dapat memanfaatkan metode pembelajaran lainnya auntuk dikolaborasikan dengan penggunaan Media Memasu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item