Pengembangan multimedia interaktif dasar-dasar fotografi dalam program vokasi bagi siswa tunarunggu tingkat SMALB / Adiarti Vandalisa Rahmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dasar-dasar fotografi dalam program vokasi bagi siswa tunarunggu tingkat SMALB / Adiarti Vandalisa Rahmy

Rahmy, Adiarti Vandalisa (2017) Pengembangan multimedia interaktif dasar-dasar fotografi dalam program vokasi bagi siswa tunarunggu tingkat SMALB / Adiarti Vandalisa Rahmy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmy Adiarti Vandalisa. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Dasar-Dasar Fotografi Dalam Program Vokasional Bagi Siswa Tunarungu Tingkat SMALB. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata kunci Multimedia Interaktif Dasar-dasar Fotografi Tunarungu Tunarungu adalah keadaan dimana seseorang atau individu mengalami gangguan atau hambatan dengan indera pendengaran yang disebabkan oleh berbagai faktor sehingga mengalami kesulitan menerima informasi materi yang di berikan oleh guru. Oleh karena itu siswa tunarungu memerlukan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Hak atas pendidikan bagi setiap individu siswa tunarungu berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dalam mempersiapkan siswa menjalani hidup di masyarakat. Siswa tunarungu mendapat pendidikan disekolah baik dalam bidang akademik maupun kegiatan yang menunjang pengembangan bakat dan minatnya seperti pendidikan vokasional dan masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran menjadi latar belakang dalam penelitian dan pengembangan ini. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk yang diuji kelayakannya dan menghasilkan produk yang efektif dalam membantu pencapaian tujuan pembelajaran berupa multimedia interaktif dasar-dasar fotografi dalam program vokasional bagi siswa tunarungu tingkat SMALB. Pengembangan multimedia interaktif ini mengadaptasi langkah-langkah model Lee Owens terdiri dari 4 tahap. Subyek uji coba produk adalah ahli materi ahli media dan uji coba kelompok yang terdiri dari 4 siswa tunarungu kelas X XI XII SLBN 1 Bantul. Hasil pengembangan menunjukkan tingkat kevalidan multimedia interaktif. Hasil penilaian ahli materi memperoleh presentase 82 5% (sangat layak) ahli media memperoleh presentase 95% (sangat layak) hasil uji coba kelompok mendapat presentase 100% dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilkan termasuk dalam kriteria sangat layak dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa Tunarungu kelas X XI XII SLBN 1 Bantul. Saran yang diajukan adalah peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran dengan subyek yang bervariasi. ABSTRACT Rahmy Adiarti Vandalisa. 2017. The Development of Interactive Multimedia on Basic Photography of Vocational Program for Hearing Impaired Students in SMALB. Undergraduate Thesis Department of Special Education Faculty of Education Science State University of Malang. Supervisors Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Keywords Interactive Multimedia Basic Photography Hearing Impairment Hearing impaired is a condition of individual who has disorder on his/her hearing caused by several factors so he/she experiences difficulties on receiving information given by teachers. Therefore hearing impaired students need the appropriate learning media on learning and teaching process. Due to educational right for each individual hearing impaired students have a right to get proper education on preparing students to experience live in society. In addition hearing impaired students get education at school on academic aspect or the other activities which support the development of students interest such as vocational education. The background of this research and development is the lack of learning media usage. The goal of this development are to produce a product which has been tested for its adequate and to produce an effective product to help learning objectives achievement in the form of interactive multimedia on basic photography of vocational program for hearing impaired students on SMALB level. The development of interactive multimedia adapted of Lee Owens model consisting of 4 steps. The subjects of product trial were material expert media expert and the trial group of 4 hearing impaired students of grade X XI XII at SLBN 1 Bantul. The results of development showed the percentage of validity level on interactive multimedia. The validation result of material expert obtained 82.5% (very appropriate) the result of media expert obtained 95% (very appropriate) while the result of group trial obtained 100% which was categorized into very appropriate and it could be used on the learning process. The conclusions of this research are the product is categorized into very appropriate and effective and it can improve cognitive ability of Hearing impaired students on X XI XII grades at SLBN 1 Bantul. The suggested advice for further researchers is to develop the learning media using various subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item