Pengembangan media pembelajaran kosakata berbasis android untuk anak tunarungu kelas I SLB Eka Mandiri Kota Batu / Amanda Dina Qoyyimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kosakata berbasis android untuk anak tunarungu kelas I SLB Eka Mandiri Kota Batu / Amanda Dina Qoyyimah

Qoyyimah, Amanda Dina (2017) Pengembangan media pembelajaran kosakata berbasis android untuk anak tunarungu kelas I SLB Eka Mandiri Kota Batu / Amanda Dina Qoyyimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qoyyimah Amanda Dina. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Berbasis Android Untuk Anak Tunarungu Kelas I SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Eka Pramono Adi S.IP. M.Si Kata Kunci Tunarungu Media Pembelajaran Kosakata Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran melalui aplikasi permainan berbasis android untuk anak tunarungu kelas I yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan penyesuaian sebuah model yang ringkas dan sederhana. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian adalah (1) Menentukan potensi dan masalah penelitian (2) Mengumpulkan informasi (3) Mendesain produk (4) Validasi desain (5) Melakukan revisi (6) Uji kelompok kecil (7) Melakukan revisi dan hasil akhir pengembangan. Subjek uji coba pengembangan dilakukan oleh ahli media ahli materi sedangkan uji coba kelompok kecil. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari ahli media ahli materi dan siswa kelas I tunarungu. Hasil penelitian ditinjau dari aspek tampilan dan aspek content. Aspek tampilan merupakan penilaian dari segi desain background tombol menu dan jenis huruf yang digunakan. Sedangkan aspek content merupakan penilaian dari kesesuaian materi yang disajikan dengan SKKD. Dan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran materi kosakata termasuk dalam kriteria baik sekali atau media valid digunakan dengan skor hasil validasi dari ahli media yaitu 95 83% sedangkan skor hasil validasi dari ahli materi 92 85% dan skor hasil dari uji coba kelompok kecil 83 33%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasil termasuk dalam kriteria baik sekali atau valid digunakan serta dapat meningkatkan kosakata anak tunarungu kelas I SLB Eka Mandiri Kota Batu. Saran pengembangan produk lebih lanjut adalah dilakukan pada subjek lebih luas desain aplikasi user friendly lebih menarik dan ditambah dengan fitur dan variasi lebih dikembangkan lagi sehingga target pengguna bisa pengguna bisa bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item