Pengaruh media ring mathematics terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang / Khoirini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media ring mathematics terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang / Khoirini

Khoirini (2017) Pengaruh media ring mathematics terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang / Khoirini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Khoirini. 2017. Pengaruh Media Ring Mathematics Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas 1 Di SDLB Sumber Dharma Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. (II) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata Kunci Ring Mathematics operasi hitung penjumlahan tunagrahita ringan. Anak tunagrahita memiliki perhatian dan ingatan yang lemah dalam hal memperhatikan pembelajaran anak cepat merasa bosan. Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik tunagrahita ringan dalam pembelajaran adalah ketrampilan berhitung. Dalam penelitian ini yang dibahas adalah operasi hitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang sebelum menggunakan media ring mathematics (2) mengkaji kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang sesudah menggunakan media ring mathematics dan (3) Mengkaji perbedaan yang signifikan kemampuan operasi hitung penjumlahan peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang sebelum dan sesudah penggunaan media Ring Mathematics terhadap Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian metode Eksperimen One Group Pre-Test Posttest. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 945 0 05. Populasi dan sempel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik tunagrahita ringan kelas 1 di SDLB Sumber Dharma Malang. Hasil penelitian melalui hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 041

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item