Pengaruh penerapan senam mulut terhadap kemampuan mengucapkan huruf siswa tunarungu kelas A di TKLB-B YPTB Kota Malang / Reza Sutarna Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan senam mulut terhadap kemampuan mengucapkan huruf siswa tunarungu kelas A di TKLB-B YPTB Kota Malang / Reza Sutarna Putri

Putri, Reza Sutarna (2017) Pengaruh penerapan senam mulut terhadap kemampuan mengucapkan huruf siswa tunarungu kelas A di TKLB-B YPTB Kota Malang / Reza Sutarna Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Reza Sutarna. 2017. Pengaruh Penerapan Senam Mulut Terhadap Kemampuan Mengucapkan Huruf Siswa Tunarungu Kelas A di TKLB-B YPTB Kota Malang Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq A.M. M.Pd. (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata kunci Senam mulut kemampuan mengucapkan huruf tunarungu. Senam mulut adalah gerakan-gerakan yang dilakukan oleh organ pada mulut seperti lidah gigi dan bibir. Gerakan yang dilakukan adalah gerakan yang sederhana seperti membuka mulut tersenyum lebar menjulurkan lidah mengarahkan lidah ke samping membuka mulut dan memonyongkan bibir. Penelitian ini dilaksakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup kondisi anak tunarungu sebelum dilakukan treatment setelah dilakukan treatment dan seberapa besar pengaruh senam mulut terhadap kemampuan mengucapkan huruf pada anak tunarungu antara sebelum dan setelah diberikan treatment. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif berjenis eksperimen one group pre-test post-test. Data penelitian yang berupa hasil tes dalam bentuk tulisan ini diperoleh dari tes pengucapan huruf a/i/u/e/o/b/d/l sebelum dan sesudah dilakukan treatment pada siswa tunarungu di tingkat TK. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa perlakuan dan pengukuran yang telah disetujui oleh dosen selaku ahli materi dan guru kelas sebagi ahli praktisi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap identifikasi dan klasifikasi data sebelum dan sesudah treatment dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi data diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian pre-test dan post-test yang telah dilakukan adalah sebelum dilakukan senam mulut siswa dianggap kurang jelas dalam mengucapkan huruf hal ini dilihat dari nilai pre-test yang didapatkan yaitu nilai tertinggi 66 67 nilai terendah 62 50 dengan rata-rata 65 83 dan setelah dilakukan senam mulut siswa lebih jelas mengucapkan huruf dilihat dari nilai post-test yang didapatkan yaitu nilai tertinggi 100 00 dan nilai terendah 91 67 dengan rata-rata nilai sebesar 95 83. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada siswa tunarungu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan senam mulut pada awal proses pembelajaran. Senam mulut sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca huruf anak tunarungu kelas A di TLKB-B YPTB Kota Malang. Saran yang dari penelitian ini adalah senam mulut sangat membantu bagi sekolah guru dan siswa karena dengan senam mulut siswa lebih mudah mengucapkan huruf dan peneliti mengharapkan ada penelitian lanjutan yang membahas tentang kemampuan mengucapkan huruf dengan menggunakan senam mulut. ABSTRACT Putri Reza Sutarna. 2017. The Effect of Mouth Gymnastics Aplication Towards the Ability to Pronounce the Letters for Students with Hearing Impairment of Class A in TKLB-B YPTB Malang City Thesis Undergraduate Departement of Special Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Drs. M. Shodiq A.M. M.Pd. (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Keywords Mouth Training the ability to pronounce the Letters hearing impairment. Mouth gymnastics of are movements performed by organs in the mouth such as tongue teeth and lips. Movements made are simple movements like opening your mouth smiling broadly sticking out your tongue aiming your tongue sideways opening your mouth and pouting your lips. This Research was conducted with the aim to describe several things including the condition of children with hearing impairment prior to treatment after treatment and how much influence of mouth exercises on the ability to speak to children with hearing impairment before and after treatment. This research uses quantitative research design of experimental type one group pre-test post-test. The research data which is the result of the test in this form is obtained from the pronunciation test of letters a / i / u / e / b / d / l before and after done on students with hearing impairment at Kindergarten level. Data collection was done by observation technique. Instruments used to collect data that has been approved by lecturers as a material expert and class teacher as a practitioner. Analysis of data and data. At the evaluation stage the data is processed by using Wilcoxon test. The result of pre-test and post-test research before and after done the mouth gymnastics is the highest value 66.67 the lowest value 62 50 with the average 65 83 and after doing the oral gymnastics of the students more clearly than the existing post-test word is the highest 100.00 and the lowest value 95.83 with an average of 95.83. Based on the result of data analysis it can be concluded that there is a positive influence on the learning process before and after mouth gymnastic at the beginning of learning process. Mouth gymnastics is very influential on the ability to pronounce the letters of class A in TKLB-B YPTB Malang City. Suggestion from this research is mouth gymnastics is more helpful for schools teachers and students because mouth gymnastics can help students easier speak. Researchers hope there is further research discusses about mouth gymnastics aplication towards the ability to pronounce the letters. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga proposal skripsi yang berjudul Pengaruh penerapan senam mulut terhadap kemampuan membaca huruf siswa tunarungu di TKLB-B YPTB Kota Malang dapat terselesaikan dengan baik dan lancar. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program Sarjana Pendidikan Luar Biasa. Skripsi ini tidak akan berhasil sepenuhnya tanpa dukungan banyak pihak. Oleh karena itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu di antaranya 1. Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan izin untuk melakukan penelitian skripsi. 2. Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes. selaku Ketua Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang yang telah memberikan izin untuk melakukan pembuatan skripsi. 3. Ibu Dra. Sudarsini M.Pd. selaku penguji utama yang telah banyak memberikan saran yang membangun dalam skripsi ini. 4. Bapak Drs. M. Shodiq A.M. M.Pd. selaku Pembimbing I yang telah banyak memberikan bimbingan motivasi petunjuk dan arahan selama penyusunan skripsi ini. 5. Bapak Drs. Usep Kustiawan M.Sn. selaku Pembimbing II yang dengan sabar dan ketelitian memberikan bimbingan petunjuk masukan serta perbaikan dalam penulisan skripsi ini. 6. Ayah Bambang Soetarno dan Ibu Nunuk Suhandini yang telah mendukung membimbing dan menyediakan fasilitas baik moril maupun materil serta semangat dalam menyelesaikan pendidikan di Universitas Negeri Malang. 7. Dosen-dosen jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang yang telah banyak memberikan masukkan untuk pembuatan skripsi. 8. Arief Sielmy Dika Widi Gocik Aulia dan teman-teman kelas C S1 Pendidikan Luar Biasa 2013 atas bantuan dukungan kerjasama semangat dan kekompakan selama kuliah. Penulis menyadari dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga skripsi ini dapat menambah wawasan serta manfaat bagi penulis dan untuk semua pembaca lainya Amin. Malang 15 Mei 2017 Penulis DAFTAR Halaman ABSTRAK KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRANviii BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang 1 B. Rumusan Masalah 4 C. Tujuan Penelitian 4 D. Hipotesis 5 E. Manfaat Penelitian 5 F. Definisi Operasional 6 G. Ruang Lingkup 7 BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Tunarungu 10 B. Kemampuan Membaca huruf 20 C. Senam Mulut 21 BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian 24 B. Populasi/Subjek Penelitian 25 C. Variabel Penelitian 25 D. Instrumen Penelitian 27 E. Validasi Instrumen 28 F. Teknik Pengumpulan Data 30 G. Teknik Analisis Data 30 BAB IV HASIL ANALISIS A. Penyajian Data 33 B. Analisis Data 37 C. Temuan Penelitian 41 BAB V PEMBAHASAN A. Kemampuan Membaca HurufAnak Tunarungu Kelas A di TKLB-B YPTB Kota Malang Sebelum Diterapkan Senam Mulut 43 B. Kemampuan Membaca Huruf Anak Tunarungu Kelas A di TKLB-B YPTB Kota Malang Sesudah Diterapkan Senam Mulut 44 C. Pengaruh Senam Mulut Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Anak Tunarungu di TKLB-B YPTB 45 BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan 47 B. Saran48 DAFTAR RUJUKAN 49 LAMPIRAN 50 RIWAYAT HIDUP 90 DAFTAR TABEL Halaman 1.1 Ruang Lingkup 8 3.1 Variabel Penelitian 26 3.2 Kriteria Kelayakan Mater 30 4.1 Hasil Pre-test Kemampuan Mengucapkan Huruf 34 4.2 Hasil Post-test Kemampuan Mengucapkan Huruf 37 4.3 Hasil Perbandingan Pre-test dan Post-test 38 4.4 Statistik Deskriptif Pre-test dan Post-test 39 4.5 Uji Hipotesis dengan Wilcoxon 41 DAFTAR GAMBAR Halaman 4.1 Grafik Hasil Pre-test dan Post-test Kemampuan Mengucapkan Huruf 38 DAFTAR LAMPIRAN Halaman Lampiran 1 Surat Pernyataan 52 Lampiran 2 Instrumen Penelitian Ahli 53 Lampiran 3 Angket Validasi Ahli 63 Lampiran 4 Skor Angket Validasi Ahli 66 Lampiran 5 Instrumen Penelitian Ahli 67 Lampiran 6 Angket Validasi Ahli 77 Lampiran 7 Skor Angket Validasi Ahli 80 Lampiran 8 Foto-foto Kegiatan 81 Lampiran 9 Pre-test Kemampuan Mengucapkan Huruf a/i/u/e/o/b/d/ 83 Lampiran 10 Lembar Penilaian Pre- 84 Lampiran 11 Post-test Kemampuan Mengucapkan Huruf a/i/u/e/o/b/d/ 85 Lampiran 12 Lembar Penilaian Post- 86 Lampiran 13 Lembar Evaluasi Pelaksanaan Senam 87

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8953

Actions (login required)

View Item View Item