Pengaruh penggunaan permainan abenteuer im zauberwald terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Jatiwiratama Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Dian Budi Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan permainan abenteuer im zauberwald terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Jatiwiratama Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Dian Budi Prabowo

Prabowo, Dian Budi (2017) Pengaruh penggunaan permainan abenteuer im zauberwald terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Jatiwiratama Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Dian Budi Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabowo Dian Budi. 2017. Pengaruh Penggunaan Permainan Abenteuer im Zauberwald terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Jatiwiratama Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Shodiq AM M.Pd (2) Dr. Henry Praherdiono S.Si M.Pd. Kata Kunci permainan abenteuer im zauberwald kemampuan berhitung tunagrahita ringan Belajar matematika berhitung penjumlahan siswa kelas IV SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar masih relatif rendah. Selama pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah demonstrasi dan guru hanya berpusat pada buku teks. Kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran menjadikan pembelajaran menjadi monoton dan siswa kurang aktif dalam belajar di kelas. Tujuan penelitian mendeskripsikan (1) Kemampuan berhitung penjumlahan 1 20 siswa sebelum diberikan permainan abenteuer im zauberwald (2) Kemampuan berhitung penjumlahan 1 20 siswa sesudah diberikan permainan abenteuer im zauberwald (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan permainan abenteuer im zauberwald terhadap kemampuan berhitung penjumlahan 1 20 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif desain Pre-Exsperimental Design bentuk one group pretest postest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLB Jatiwiratama Selopuro Blitar yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan berhitung siswa tunagrahita ringan menggunakan tes tulis bentuk isian singkat. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan merancang instrumen memberikan pretest lalu melakukan treatment dengan menggunakan permainan abenteuer im zauberwald dan tahap akhir memberikan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 24 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest 53 dan nilai rata-rata posttest 82. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) menunjukkan nilai 0 000 kurang dari 0 05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh secara signifikan penggunakan media permainan abenteuer im zauberwald dalam berhitung penjumlahan. Saran dalam penelitian ditujukan kepada (1) Kepala sekolah memberikan pertimbangan terhadap sarana dan prasarana yang menunjang siswa aktif (2) Guru memanfaatkan media visual berupa permainan abenteuer im zauberwald (3) peneliti lain agar dapat melakukan penelitian serupa dengan konteks yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8949

Actions (login required)

View Item View Item