Pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan puzzle untuk meningkatkan kemampuan memori visual siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri Seduri, Mojokerto / Regine Desca Audria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan puzzle untuk meningkatkan kemampuan memori visual siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri Seduri, Mojokerto / Regine Desca Audria

Audria, Regine Desca (2017) Pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan puzzle untuk meningkatkan kemampuan memori visual siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri Seduri, Mojokerto / Regine Desca Audria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Audria Regine Desca. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Visual Siswa Tunarungu Kelas II Di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (2) Drs. M. Shodiq AM M.Pd. Kata kunci tunarungu kemampuan memori visual model pembelajaran make a match berbantuan puzzle Di sekolah luar biasa khususnya pada kelas siswa tunarungu dalam kegiatan pembelajaran mengalami kesulitan apabila belajar mengenai nama bilangan karena kegiatan belajar mengajar hanya berupa model pembelajaran langsung dan hanya satu arah sehingga kemampuan memori visualnya rendah. Untuk mengatasi hal tersebut pada penelitian ini kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match didukung menggunakan media puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan puzzle pada peningkatkan Kemampuan Memori Visual Nama Bilangan Siswa Tunarungu Kelas 2 Di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada nilai rata-rata pretest sebesar 68 5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 92. Hasil output diperoleh dengan syarat jika diterima memiliki Thitung 8805 Ttabel dan ditolak jika memiliki Thitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8947

Actions (login required)

View Item View Item