Rahmawati, Annisa (2017) Pengembangan buku gemar membaca dan menulis bagi anak berkesulitan belajar kelas V SDN Ketawanggede Kota Malang / Annisa Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati Annisa. 2016. Pengembangan Buku Gemar Membaca dan Menulis Bagi Anak Berkesulitan Belajar kelas V SDN Ketawanggede kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Kata Kunci Buku Gemar Membaca dan Menulis Anak Berkesulitan Belajar Sekolah Dasar Anak berkesulitan belajar membaca (disleksia) merupakan anak yang mengalami kesulitan dalam membaca hal itu berkaitan erat dengan menulis sehingga anak yang mengalami kesulitan membaca pada umumnya juga mengalami kesulitan dalam menulis. Sedangkan membaca merupakan suatu aktivitas yang sangat mendasar untuk memahami semua bidang ilmu. Anak yang mengalami berkesulitan membaca membutuhkan media khusus untuk membantu ia belajar membaca. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk buku Gemar Membaca dan Menulis untuk anak berkesulitan belajar kelas V SDN Ketawanggede kota Malang yang telah divalidasi oleh ahli media ahli materi praktisi dan siswa yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan untuk guru atau pendamping. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan dan penelitian menurut Borg dan Gall yang dikembangkan Sugiyono terdapat 10 langkah namun peneliti hanya melakukan hingga 7 langkah penelitian yaitu (1) potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk dan (7) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Gemar Membaca dan Menulis bagi anak berkesulitan belajar kelas V SDN Ketawanggede kota Malang memperoleh skor validasi ahli media 100 % (sangat valid) ahli materi 96 67 % (sangat valid) praktisi 93 19 % (sangat valid) dan siswa 97 5 % (sangat valid). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk buku ini dalam kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran dari penelitian ini adalah (1) memperbanyak kalimat-kalimat yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak (2) memberikan gambar-gambar yang lebih menarik agar anak mempunyai motivasi belajar membaca dan menulis yang lebih tinggi (3) buku Gemar Membaca dan Menulis bagi anak berkesulitan belajar tidak hanya dapat digunakan di SDN Ketawanggede kota Malang saja namun dapat digunakan disekolah yang lain yang mempunyai masalah yang sama. ABSTRACT Rahmawati Annisa. 2016. Developing a Gemar Membaca dan Menulis Book for The Children with Learning Disability of Grade V in SDN Ketawanggede Malang City. Undergraduate thesis Department of Special Education Faculty of Education State University of Malang. Advisors (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si Keywords Gemar Membaca dan Menulis book children with learning disability elementary school One of the learning disability is dyslexia children are having the difficulties in reading ability and this is related to the writing ability. They will generally experience both reading and writing problem if they have the difficulties in reading ability. Reading is a basic activity to understand all of knowledge. Dyslexia children need a special media to help them reading. The aim of this research was to develope a Gemar Membaca dan Menulis book for the children with learning disability of grade V in SDN Ketawanggede kota Malang. This book was validated by a media expert a material expert a practitioner and the students. The guidance for using this book is also given for the teachers or shadow. The method of this research was research and development method. This method was adapted from the research and developmental model based on Borg and Gall then it was developed based on Sugiyono model. This method consists of 10 steps however the researcher used only 7 steps. These steps are (1) problem and potential (2) data collection (3) product design (4) design validation (5) design revision (6) product testing (7) product revision. The results of the research showed that Gemar Membaca dan Menulis book for dyslexia children of grade V in SDN Ketawanggede kota Malang got the various validation scores. Score from a media expert was 100% (very valid) from material expert was 96 67% (very valid) from practitioner was 93 19% (very valid) and from the students was 97 5% (very valid). According to the results the researcher made a conclusion that the book was very valid and feasible to use as a learning media. Suggestions from the researcher are (1) the teachers should increase more various sentences for their students based on their need (2) the teacher should give their students more interesting pictures so they will be more motivated to read and write (3) Gemar Membaca dan Menulis book for the children with learning disability not only can be used in SDN Ketawanggede kota Malang but also in another schools which is having similar cases.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |