Aziz, Ahmad Syaiku (2017) Pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa tunarunggu kelas XI SMALB (studi kasus di YPTB Kota Malang) / Ahmad Syaiku Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aziz Ahmad Syaiku.2015. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Tunarungu XI SMALB-B (Studi Kasus Di YPTB Kota Malang). Skripsi S1 PLB Jurusan pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imanuel Hitipeuw M. A (2) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd Kata Kunci Metode Penemuan Terbimbing Hasil Belajar Tunarungu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa tunarungu. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas XI SMALB-B YPTB Kota Malang yang dibagi menjadi kelompok A dan B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretet untuk mengetahui nilai awal siswa sebelum diberi intervensi dan posttest yang terdiri dari posttest intervensi dan non intervensi kedua jenis postest diberikan kepada setiap kelompok. Analisisnya menggunakan analisa non parametic uji kalmogogorav klimov-R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa tunarungu. Setelah di lakukan intervensi menyatakan bahwa setiap kelompok intervensi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa intervensi . Hasil perbandingan postest intervensi dan non intervensi dengan probabilitas kelompok A yaitu 0.27 dan kelompok B yaitu 0.27 yang menunjukkan adanya perbedaanyang signifikan anatara intervensi dan nonintervensi. Peneliti menyimpulkan bahwa adanya pengaruh metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa tunarungu. Saran dari penelitian ini untuk penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian ekperimen dengan subyek - subyek yang berbeda untuk mengetahui tingkat efisiensi metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran Matematika khususnya di ranah pendidikan luar biasa dan inklusi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |