Pengembangan "Gesuka" sebagai media interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas V SLB Pembina Tingkat Nasional Malang / Gista Setya Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan "Gesuka" sebagai media interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas V SLB Pembina Tingkat Nasional Malang / Gista Setya Astuti

Astuti, Gista Setya (2017) Pengembangan "Gesuka" sebagai media interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa tunarungu kelas V SLB Pembina Tingkat Nasional Malang / Gista Setya Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Gista Setya. 2016. Pengembangan Gesuka Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Tunarungu Kelas V SLB Pembina Tingkat Nasional Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Abdul Huda M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci Pengembangan Gesuka Bahasa Indonesia Tunarungu Menulis kalimat dengan susunan kaidah berbahasa Indonesia merupakan salah satu kesulitan yang dialami siswa tunarungu kelas V SLB Pembina Tingkat Nasiona Malang. Media pembelajaran yang telah digunakan masih bersifat konvensional. Sejalan dengan perkembangan teknologi diciptakan media pembelajaran interaktif berupa Gesuka (game susun kalimat) sebagai salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa CD pembelajaran interaktif media Gesuka mendeskripsikan kelayakan produk mendeskripsikan penggunaan produk Gesuka bagi siswa Tunarungu Kelas V SLB Pembina Malang. Pengembangan produk dilaksanakan dengan model enelitian dari Borg Gall dengan modifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) validasi ahli (5) revisi awal (6) uji coba lapangan dan (7) revisi akhir. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk berupa game susun kalimat bagi siswa tunarungu Kelas V SLB Pembina Tingkat Nasional Malang dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan diperoleh melalui angket validasi. Skor validasi ahli media 92 5% (layak digunakan) skor validasi ahli materi 93 75% (layak digunakan) skor validasi praktisi 87 5% (layak digunakan). Hasil implementasi menyebutkan skor seluruh anak pada post tes adalah 74 95 dan pre tes adalah 16 55 sehingga produk yang dikembangkan sudah efektif untuk digunakan. Saran untuk guru diharapkan agar media ini dapat digunakan pada setiap pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis kalimat. Saran untuk siswa agar dapat belajar mandiri dengan media Gesuka. Saran bagi SLB Pembina Tingkat Nasional Malang media ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan pusat sumber belajar disekolah. Saran diseminasi produk yaitu untuk sekolah luar biasa lain yang memiliki karakteristik sasaran yang sama dengan penelitian dan pengembangan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item View Item