Pengaruh metode struktural analitik sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kelas I SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Bela Prawisma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode struktural analitik sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kelas I SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Bela Prawisma

Prawisma, Bela (2017) Pengaruh metode struktural analitik sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kelas I SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Bela Prawisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prawisma Bela. 2016. Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Kelas I Di Sdlb Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Metode Struktural Analitik Sintetik Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Seseorang dikategorikan berkelainan mental subnormal atau tunagrahita jika ia memiliki tingkat kecerdasan yang sedemikian rendahnya (di bawah normal). Tunagrahita memerlukan bantuan atau layanan secara spesifik termasuk dalam program pendidikannya. Salah satunya materi membaca permulaan siswa tunagrahita memerlukan metode yang dapat membantu dalam pembelajaran yaitu dengan Metode Struktural Analitik Sintetik.dengan metode tersebut siswa akan lebih mudah memahami jika pembelajaran dimulai dari bentuk umum ke khusus. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang sebelum diberikan metode SAS (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang setelah diberikan metode SAS (3) Untuk mengetahui pengaruh metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk time series design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I yang berjumalah 5 siswa di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Instrumen yang digunakan berupa tes atau soal tes yang bertujuan untuk mengukur kemempuan subjek dalam membaca permulaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan memberikan pre-test sebanyak 4 kali treatment 4 kali dan post-test 4 kali. Analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai rata-rata pre test yaitu 53.3 dan nilai rata-rata post test yaitu 81 63. Hasil uji hipotesis t hitung t tabel H1 diterima kesimpulannya adalah metode SAS berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Saran untuk guru diharapkan menggunakan metode SAS dengan media yang menyenangkan dan saran untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mengembangkan media yang menarik untuk digunakan sebagai pembelajaran menggunakan metode SAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item