Pengaruh metode syllabic terhadap keterampilan membaca per- mulaan anak kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Rani Ayu Qumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode syllabic terhadap keterampilan membaca per- mulaan anak kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Rani Ayu Qumalasari

Qumalasari, Rani Ayu (2017) Pengaruh metode syllabic terhadap keterampilan membaca per- mulaan anak kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Rani Ayu Qumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qumalasari Rani Ayu. 2016. Pengaruh Metode Syllabic terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum Kata Kunci Autis metode Syllabic keterampilan membaca permulaan Siswa autis merupakan siswa yang mengalami hambatan berinteraksi sosial dan komunikasi sehingga mengalami kesulitan dalam membaca permulaan sebagai dasar keterampilan membaca. Metode syllabic merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan pengaruh penggunaan metode syllabic terhadap keterampilan membaca permulaan anak kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar soal membaca permulaan lembar penilaian lembar asesmen dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metodesyllabic terhadap keterampilan membaca permulaan siswa autis kelas 1. Hal ini ditunjukkan denganskorpada fase baseline 1 berkisar antara 31 7%-35% fase intervensi berkisar antara 58 9%-67 8% dan fase baseline 2 berkisar antara 57 2%-61 1%.Selain itu juga ditunjukkan dengan perhitungan overlap fase baseline 1 (A1) ke fase intervensi (B) yaitu 0%. Kesimpulan secara keseluruhan yaitu metode syllabic memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan anak kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Saran penelitian adalah guru sebaiknya dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki siswa autis mahasiswa jurusan PLB sebaiknya dapat mempelajari lebih lanjut tentang metode syllabic sehingga dapat diterapkan pada proses pembelajaran apabila dijumpai masalah yang serupa dan peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mengembangkan penelitian serupa baik dalam ruang lingkup yang tidak terbatas pada siswa autis saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item