Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui pemanfaatan media kartu kata (flash card) pada siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB Negeri Pandaan Kabupaten Psuruan / Indar Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui pemanfaatan media kartu kata (flash card) pada siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB Negeri Pandaan Kabupaten Psuruan / Indar Anggraeni

Anggraeni, Indar (2016) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui pemanfaatan media kartu kata (flash card) pada siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB Negeri Pandaan Kabupaten Psuruan / Indar Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Indar.2016.Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kata (flash card) Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII Di SMPLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Dosen Pembimbing (I) Drs.Abdul Huda M.Pd. (II) Dr.Sulthoni M. Pd. Kata Kunci Penguasaan kosakata Media kartu kata (flash card) Tunagrahita Ringan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk tunagrahita cukup berbeda karena anak tunagrahita mengalami masalah dalam kemampuan berbahasa terutama dalam hal memahami kosakata dan artikulasi Bahasa Inggris. Salah satu cara yang untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran kartu kata (flash card).Penggunaan media kartu kata (flash card) dimaksudkan untuk mengkongkretkan konsep- konsep abstrak sehingga materi yang diajarkan mudah dimengerti dan mengatasi kesulitan dalam mengartikulasikan bunyi Bahasa dengan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media kartu kata (flash card) dapat meningkatkan penguasaaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan.Bagaimana peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan setelah menggunakan media kartu kata (flash card).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kartu kata (flash card) pada pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB Negeri Pandaaan Kabupaten Pasuruan terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu 5 siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPLBN Pandaan.Instrumen dalam penelitian ini berupa tes observasi wawancara dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu kata (flash card) membuat kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata dari siklus I diperoleh dengan rata- rata kelas sebesar 64 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74. serta hasil belajar siswa yang pada awal siklus I hanya mencapai 60% meningkat menjadi 80% pada akhir siklus II Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media kartu kata (flash card) dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLBN Pandaan. Saran bagi pendidik hendaknya menggunakan media kartu kata (flash card) untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8932

Actions (login required)

View Item View Item