Pengaruh metode kupas rangkai terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB Idayu 2 Kabupaten Malang / Janatu Rojiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode kupas rangkai terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB Idayu 2 Kabupaten Malang / Janatu Rojiati

Rojiati, Janatu (2016) Pengaruh metode kupas rangkai terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB Idayu 2 Kabupaten Malang / Janatu Rojiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rojiati Janatu. 2016. Pengaruh Metode Kupas Rangkai Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Sedang Kelas IV SLB Idayu 2 Kab. Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata kunci Tunagrahita Keterampilan Membaca Permulaan Metode Kupas Rangkai Membaca memiliki kedudukan penting dalam proses pembelajaran. Dengan memiliki kemampuan membaca siswa dapat menguasai berbagai bidang studi. Ada lima tahap perkembangan membaca salah satunya adalah membaca permulaan. Subjek yang diteliti mengalami kesulitan dalam tahapan membaca permulaan misalnya kata baca dibaca daca kata babi dibaca dodi ada kata palu dieja p a l u dibaca beli. Kesulitan menguasai keterampilan membaca permulaan berdampak pada penguasaan keterampilan membaca selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode kupas rangkai terhadap keterampilan membaca siswa tunagrahita sedang di SLB Idayu 2 Kab. Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretes dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon yang dibantu oleh program SPSS 16.0 for Windows. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada nilai rata-rata pretest sebesar 62 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84. Hasil output diperoleh dengan syarat jika H_0 diterima memiliki T hitung T tabel dan H_0 ditolak jika memiliki T hitung 8804 T tabel. Berdasarkan kriteria tersebut maka H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas IV sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan metode kupas rangkai. Jadi terbukti terdapat pengaruh metode kupas rangkai terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB Idayu 2 Kab. Malang. Saran yang diajukan untuk guru adalah lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran agar siswa mudah memahami materi ajar. Bagi lembaga sekolah lebih memperhatikan sarana yang menunjang guru dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya metode Kupas Rangkai digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi kesulitan membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8930

Actions (login required)

View Item View Item