Pengaruh penggunaan media papan flanel geometri terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahoita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen / Ajar Hayumahastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media papan flanel geometri terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahoita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen / Ajar Hayumahastuti

Hayumahastuti, Ajar (2016) Pengaruh penggunaan media papan flanel geometri terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahoita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen / Ajar Hayumahastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayumahastuti Ajar. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Geometri Terhadap Kemampuan Penjumlahan pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 4 SDLB B/C Kepanjen. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Tunagrahita Papan Flanel Geometri Kemampuan Penjumlahan Siswa tunagrahita merupakan siswa yang memiliki hambatan dalam perkembangan kognitif dan bina diri. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita dengan IQ 50-75 yang masih bisa menerima pelajaran akademik di sekolah. Penjumlahan adalah salah satu dari ilmu hitung yang ada pada matematika yang artinya adalah menghitung jumlah bilangan satu dengan bilangan yang lain. Pembelajaran penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan sebaiknya menggunakan media pembelajaran agar memudahkan siswa untuk memahami penjumlahan salah satuya adalah media papan flanel geometri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan adanya pengaruh digunakannya media pembelajaran papan flanel geometri terhadap penjumlahan pada sista tunagrahuta ringan (2) mendeskripsikan kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita ringan sebelum dan sesudah menggunakan media papan flanel geometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan One-Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen yang berjumlah 5 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika penjumlahan sedangkan analisis data menggunakan rumus uji t dengan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (1) ada pengaruh penggunaan media papan flanel geometri yaitu dengan nilai signifikansi 0 000 0 05 dan (2) hasil belajar yang bersumber pada skor pre-test yaitu 54 0 dan skor post-test yang mencapai 88 0 yang menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini menunjukkan hasil belajar penjumlahan siswa tunagrahita dengan menggunakan media papan flanel geometri lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media papan flanel geometri. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan hasil nilai pre test dan post test yang meningkat dan keantusiasan siswa tunagrahita belajar penjumlahan dengan media papan flanel geometri. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas IV SDLB B/C Kepanjen dengan menggunakan media papan flanel geometri dan (2) adanya peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media papan flanel geometri.Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada guru agar menggunakan media papan flanel geometri dalam kegiatan pembelajaran penjumlahan untuk mengatasi kesulitan siswa tunagrahita dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item