Rosalina, Indri Pramesti (2016) Pengaruh permainan sudoku fantasi terhadap kemampuan berhitung pada tunagrahita kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Indri Pramesti Rosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pramesti Indri. 2016. Pengaruh Permainan Sudoku Fantasi Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Tunagrahita Kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dra. WiwikDwiHastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Tunagrahita Sudoku Fantasi Kemampuan Berhitung Anak tunagrahita ialah anak yang memiliki kecerdasan intelektual dibawah rata-rata serta berperilaku adaptif danpadaumumnyamengalamihambatanpadabidangintelektual sosialdankognitif. Tahapan awal dalam berhitung adalah membilang dan memahami konsep angka hal ini mudah bagi mereka yang normal namun sulit bagi tunagrahita. Kemampuan berhitung tunagrahitaialah memahami konsep simbol bilangan serta memahami bentuk dan makna dari bilangan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan adanya pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan permainan sudoku fantasi dalam kegiatan pembelajaran matematika pada anak tunagrahita ringan (2) mendeskripsikan hasil belajar kemampuan berhitung sebelum dan sesudah menggunakan permainan sudoku fantasi di SDLB BC Kepanjen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan One-Group Pre-test Post-test Design. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika mengisi sudokuyang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji t(UjiSign Test).Subjek penelitian ini ialah4 anak tunagrahita ringan dengan IQ antara 69-55 yang dapat menerima pendidikan akademik di sekolah.Berdasarkan hasil uji hipotesis dari skor pre-test yaitu 46 25 dan skor post-test yang mencapai 71 25 menunjukkan signifikansi pada nilai hal ini menunjukkan adanya pengaruh kemampuan berhitung anak tuna grahita ringan setelah menggunakan sudoku fantasi. Hasil belajar berhitung peserta didik tunagrahita dengan menggunakan permainan sudoku fantasi lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan permainan sudoku fantasi ditunjukkan dengan nilai pre test dan post test yang meningkat serta menunjukkan minatnya untuk belajar dan antusiasme dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berhitung peserta didik tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sebelum dan sesudah menggunakan permainan sudoku fantasi serta terjadi peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan dengan antusiasme serta nilai yang meningkat. Berdasarkan temuan selama penelitian maka disarankan kepada guru agar menggunakan permainan sudoku fantasi dalam kegiatan pembelajaran matematika untuk mengatasi kesulitan anak tunagrahita dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |