Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunarungukelkas VII di SMPLBN Sampang / Yaumil Ainin Pradina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunarungukelkas VII di SMPLBN Sampang / Yaumil Ainin Pradina

Pradina, Yaumil Ainin (2016) Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunarungukelkas VII di SMPLBN Sampang / Yaumil Ainin Pradina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pradina Yaumil Ainin.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunarungu Kelas VII di SMPLBN SAMPANG. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra. Wiwik D. Hastuti M.Pd (2) Dra. Sudarsini M.Pd Kata kunci Model Pembelajaran Picture and Picture hasil belajar Pembelajaran IPA akan sulit diterima jika pembelajaran dilaksanakan secara konveksional. Penjelasan yang bersifat abstrak akan membuat pembelajaran tidak terserap dengan maksimal begitu juga dengan anak tunarungu lebih kesulitan dalam memahaminya. Untuk mengatasi masalah yang terjadi maka perlu adanya model pembelajaran yang lebih banyak difokuskan pada penggunaan media gambar. Model pembelajaran picture and picture merupakan salah satu pembelajaran IPA dengan mengutamakan media visual yaitu gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu di SMPLBN Sampang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan jenis time series design dengan pembanding subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre-tes dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon yang bantu oleh program SPSS 16.o for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretes dan post-test. Hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada saat pre-tes sebesar 28 70 sedangkan pada post-test sebesar 72 67. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sehingga model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa tunarungu di SMPLBN Sampang. Saran yang diajukan untuk guru adalah Pendekatan dalam pembelajaran itu sangatlah perlu dengan menggunakan media yang semenarik mungkin. Guru dapat menggunakan model pembelajaran picture and picture di semua mata pelajaran khususnya untuk anak tunarungu yang lebih mengutamakan visualnya. Bagi peneliti lain disarankan menyempurnakan media gambar maupun jika dibutuhkan papan yang digunakan sebagai meletakkan gambar tersebut untuk lebih inovatif dan menarik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8927

Actions (login required)

View Item View Item