Pengaruh pendekatan development learning sequenjces terhadsap kemampuan menjumlahkan pada anak diskalkulia kelas VI di SDN Sumbersekar III Dau / Veronica Puspita Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan development learning sequenjces terhadsap kemampuan menjumlahkan pada anak diskalkulia kelas VI di SDN Sumbersekar III Dau / Veronica Puspita Ningrum

Ningrum, Veronica Puspita (2016) Pengaruh pendekatan development learning sequenjces terhadsap kemampuan menjumlahkan pada anak diskalkulia kelas VI di SDN Sumbersekar III Dau / Veronica Puspita Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum Veronica Puspita. 2015. Pengaruh Pendekatan Development Learning Sequence Terhadap Kemampuan Menjumlahkan Pada Anak Diskalkulia Kelas VI di SDN Sumbersekar III Dau Malang. Skripsi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi H. S.Pd M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata kunci development learning sequence menjumlahkan anak diskalkulia Pembelajaran matematika di Indonesia lebih menekankan pada materi pembelajaran semata dibandingkan dengan hakikat matematika itu sendiri. Penguasaan konsep matematika yang diajarkan di kelas hanya agar siswa dapat lulus dengan nilai yang baik sehingga tidak sedikit siswa yang sering mengeluh karena kesulitan mengerjakan soal matematika khususnya anak diskalkulia. Anak diskalkulia merupakan anak yang memiliki kesulitan belajar matematika. Anak dengan kesulitan belajar matematika membutuhkan pendekatan yang sesuai agar kemampuan matematikanya dapat berkembang dengan baik. Pendekatan yang sesuai untuk anak diskalkulia adalah pendekatan development learning sequence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatandevelopmental learning sequencesterhadap kemampuanmenjumlahkanpada anak diskalkulia kelas VI SDN Sumbersekar III Dau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan analisis data yang digunakan A-B-A. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1)Kemampuan menjumlahkan subjek termasuk dalam skala yang rendah sebesar 43%. (2) Pada tahap intervensi subjek mengalami peningkatan sebesar 30% dari tahap baseline A1. Disertai dengan data mean level yang meningkat menjadi 78 3%. (3) Pada tahap baseline A2 mean level menunjukkan presentase sebesar 73 75% estimasi kecenderungan data yang meningkat disertai dengan jejak data yang meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pendekatan development learning sequence terhadap kemampuan menjumlahkan anak diskalkulia kelas VI di SDN Sumbersekar Dau Malang. Hal ini ditunjukkan dari data overlap dari tahap baseline A1 ke intervensi yaitu sebesar 0% yang berarti tidak ada data yang tumpang tindih sehingga disimpulkan bahwa intervensi berpengaruh besar terhadap target behavior. Berdasarkan temuan penelitian dan kondisi lapangan tempat penelitian penulis mengemukakan saran-saran pertama untuk guru diharapkan dapat menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan anak diskalkulia. Kedua bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian tentang kesulitan belajar matematika dengan pendekatan development learning sequence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item