Fadhilah, Nayli (2016) Pengaruh teknik trailing terhadap kemandirian tunanetra remaja kelas IX SMPLB Negeri Malang / Nayli Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fadhilah Nayli. 2016. Pengaruh Teknik Trailing terhadap Kemandirian Tunanetra Remaja Kelas IX SMPLB Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata kunci teknik trailing kemandirian tunanetra Peserta didik tunanetra remaja membutuhkan keterampilan orientasi dan mobilitas (OM) agar dapat berpindah tempat secara mandiri di lingkungan termasuk di rumah. Masalah ketergantungan yang tinggi terhadap bantuan orang tua menunjukkan tingkat kemandirian peserta didik tunanetra remaja rendah. Berdasarkan masalah tersebut maka dibutuhkan teknik OM yang dapat menunjang kemandirian peserta didik tunanetra remaja. Teknik tersebut adalah teknik trailing yaitu teknik berjalan mandiri dengan menelusuri dinding atau permukaan objek. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) kemandirian OM peserta didik sebelum melakukan teknik trailing 2) kemandirian peserta didik setelah melakukan teknik trailing 3) pengaruh teknik trailing terhadap kemandirian OM peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) disain A-B-A. Subjek penelitian adalah peserta didik tunanetra kelas IX SMPLB Negeri Malang. Instrumen penelitian adalah tes kinerja kemandirian. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemandirian peserta didik pada kondisi baseline pertama (A1) rendah karena kecenderungan arah grafik menurun dengan mean level sebesar 62.21 2) kemandirian peserta didik pada kondisi intervensi (B) stabil karena kecenderungan arah grafik mendatar namun mean level meningkat menjadi 78.09% 3) kemandirian peserta didik pada kondisi baseline kedua (A2) meningkat karena kecenderungan arah grafik naik dengan mean level meningkat menjadi 83.48% 4) teknik trailing berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian peserta didik dengan nilai persentase data overlap sebesar 20%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik trailing berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian orientasi dan mobilitas peserta didik tunanetra remaja. Saran dalam penelitian adalah orang tua diharapkan selalu berupaya agar peserta didik tunanetra terbiasa untuk berjalan sendiri dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan teknik trailing di ruangan yang lebih luas selain di dalam rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |