Pengaruh media bagan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan peserta didik tunagrahita kelas I SDLB Eka Mandiri Batu / Fahrudin Alwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media bagan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan peserta didik tunagrahita kelas I SDLB Eka Mandiri Batu / Fahrudin Alwi

Alwi, Fahrudin (2016) Pengaruh media bagan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan peserta didik tunagrahita kelas I SDLB Eka Mandiri Batu / Fahrudin Alwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alwi Fahrudin. 2016. Pengaruh Media Bagan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Peserta Didik Tunagrahita Kelas 1 SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata kunci Tunagrahita media konsep lambang bilangan dan pembelajaran. Anak tunagrahita memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak pada umumnya. Dimana anak tunagrahita ini lamban dan susah untuk memahami hasil pembelajaran yang telah didapatkan selama proses pembelajaran. Sehingga media yang tepat dalam penelitian ini yaitu media bagan kartu bergambar yang mana media ini sebagai mewakili benda-benda yang tidak mungkin semuanya bisa ditunjukkan langsung kepada peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan peserta didik sebelum diterpakannya media bagan kartu bergambar. (2) Kemampuan peserta didik sesudah diterpakannya media bagan kartu bergambar. (3) Pengaruh media bagan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu (Quasi Experiment) menggunakan desain Static Group Comparasion dan mengambil subyek penelitian satu kelas. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 5 peserta didik. Instrument penelitian ini menggunakan tes yang berupa soal pre-test dan soal post-test dengan menggunakan kriteria penilaian. Teknik pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui selisih atau gain score dari hasil nilai post-test dikurangi nilai pre-test peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 19.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media bagan kartu bergambar terhadap meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan peserta didik tunagrahita kelas 1 SDLB Eka Mandiri. Dari hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada kelas 1 SDLB memiliki nilai rata-rata 42 40 untuk pre-test dan 74 80 untuk post-test. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh media bagan kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan peserta didik tunagrahita yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai pre tes pos tes saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi guru disarankan untuk menerapkan media bagan kartu bergambar agar memudahkan peserta didik dalam mengenal nama bilangan dan menulis lambang bilangan. (2) Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk penelitian selanjutnya yang melalukan penelitian eksperimen dengan melibatkan lebih dari 5 peserta didik. Hal ini belum sepenuhnya menggambarkan akurat penggunaan media bagan kartu bergambar terhadap kemampuan pemahaman peserta didik terhadap konsep lambang bilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8924

Actions (login required)

View Item View Item