Pujiati, Siti (2016) Pengaruh penggunaan DRTA (directed Reading Thinking Activity) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita kelas IV SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Siti Pujiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pujiati Siti. 2016. Penggaruh Penggunaan DRTA (Directed Reading Thinking Activity) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Tunagrahita Kelas IV SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohamad Efendi M. Pd M. Kes (2) Dr. Saichudin M.Kes. Kata Kunci DRTA Membaca Pemahaman Tunagrahita Pembelajaran membaca pemahaman pada siswa perlu mempertimbangkan potensi dan hambatan yang dialami siswa. Pemilihan metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi juga akan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa. Biasanya siswa lebih mudah menerima materi apabila siswa mengalami pembelajaran secara langsung dan siswa juga aktif selama proses pembelajaran. Penggunaan DRTA dalam pembelajaran dapat dijadikan alternatif dalam mengajarkan kemampuan membaca pemahaman untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita kelas IV SDLB Eka Mandiri sebelum menggunakan DRTA (2) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita kelas IV SDLB Eka Mandiri setelah penggunaan DRTA (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang tidak menggunakan kelompok kontrol dengan desain times series. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre-tes dan pos-tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tanda bertingkat Wilcoxon yang diselesaikan dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil rata-rata nilai pre-tes dalam penelitian ini adalah 69 4. Rata-rata nilai pos-tes menunjukkan hasil 84. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pre-tes dan pos-tes dari subjek penelitian. Hasil output diperoleh nilai sig. 2 (2-tailed) sebesar 0 043 yang berarti bahwa nilai sig.2 (2-tailed) lebih kecil dari nilai 945 (0 05). Berdasarkan kriteria tersebut dapat disimpulkan penggunaan DRTA(Directed Reading Thinking Activity) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita kelas IV SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Saran yang diajukan penulis adalah sekolah dapat memfasilitasi penggunaan DRTA dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tungrahita dan untuk peneliti lain dapat melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk penggunaan DRTA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa tunagrahita. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |