Novitasari, Azlinda (2016) Pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar matematika opearsi hitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas III di SLB B-C Dharma Wanita 03 Turen Kabupaten Malang / Azlinda Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Novitasari Azlinda. 2016. Pengaruh Metode Mathemagics Terhadap Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Tunarungu Kelas III di SLB B-C Dharma Wanita 03 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci metode mathemagics hasil belajar tunarungu Tunarungu merupakan suatu keadaan yang menunjukkan kurang atau hilangnya kemampuan mendengar pada seseorang. Hilangnya kemampuan mendengar anak tunarungu merupakan faktor utama minimnya informasi atau pemahaman dalam penyampaian materi pelajaran. Diperlukan peran aktif guru dan juga metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan anak. Melalui penelitian ini digunakan metode mathemagics yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode mathemagics operasi hitung penjumlahan lebih dari tiga angka menggunakan cara penjabaran menurut nilai tempatnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunarungu sebelum menggunakan metode mathemagics (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunarungu setelah menggunakan metode mathemagics (3) mendeskripsikan pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan matematika anak tunarungu di SLB B-C Dharma Wanita 03 Turen Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) bentuk time series design yang terdiri dari 4 kali pre test dan 4 kali post test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data sebelum diberikan treatmen diketahui bahwa nilai rata-rata kelas hanya 42. Sedangkan sesudah diberikan treatmen nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 90. Hasil hitung diperoleh T (15) T 0 05 (1). Berdasarkan kriteria tersebut maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa metode mathemagics berpengaruh terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan matematika anak tunarungu di SLB B-C Dharma Wanita 03 Turen Kabupaten Malang. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) diharapkan guru dapat menjadikan metode mathemagics sebagai pilihan metode pembelajaran yang lain untuk mendampingi atau bahkan menggantikan metode konvensional yang telah diterapkan selama ini. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas yakni pada materi selain penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |