Ramadhani, Putri Karlis (2016) Pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca kalimat sederhana siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Pembina Tingkat Nasional Lawang / Putri Karlis Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ramadhani Putri Karlis. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 3 Di Sdlb Pembina Tingkat Nasional Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Dr. Asim M.Pd. Kata kunci Big Book membaca kalimat sederhana tunagrahita ringan. Dalam kegiatan pembelajaran hal terpenting adalah menarik minat siswa untuk dapat berkonsentrasi dalam kegiatan belajar khususnya kegiatan membaca. Satu hal yang dibutuhkan guru untuk menarik perhatian siswa adalah dengan penggunaan media belajar yang bermakna yaitu menggunakan media Big Book. Media Big Book diharapkan mampu menarik minat membaca kalimat sederhana siswa tunagrahita ringan karena selama ini siswa tunagrahita ringan masih banyak yang memiliki kelemahan dalam berbicara dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-Eksperimental Design melalui One Group Pretest - Postest Design. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan taraf signifikansi 945 0 05. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDLB Pembina Tingkat Nasional Lawang dengan jumlah 5 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa membaca kalimat sederhana yang terdiri dari 5 kalimat. Hasil penelitian melalui uji hipotesis yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.042 0.05 dan nilai Zhitung -2.032 maka ada perbedaan nilai pretest dan posttest. Dari paparan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Big Book terhadap kemampuan membaca kalimat sederhana siswa tunagrahita ringan kelas 3 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Lawang. Saran bagi guru kelas agar dapat mengaplikasikan penggunaan media pembelajaran Big Book pada anak tunagrahita ringan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Pada penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat menyempurnakan media pembelajaran Big Book agar siswa mudah menggunakannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |