Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang / Sigit Lego Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang / Sigit Lego Wicaksono

Wicaksono, Sigit Lego (2016) Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang / Sigit Lego Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Sigit Lego. 2016. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Mata Uang Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang.Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (2) Drs. Usep Kustiawan M. Sn. Kata kunci Permainan Monopoli penjumlahan mata uang tunagraita ringan Hasil Belajar Matematika Anak tunagrahita ringan merupakan anak berkelainan mental kemampuan intelektualnya berada di bawah rata-rata sehingga kemampuan berfikirnya rendah. Salah satunya kesulitan dalam mempelajari matematika penjumlahan mata uang siswa mengalami lemah dalam daya ingatnya dansukar berfikir abstrak sehingga membutuhkan permainan yang mendukung dalam pembelajaran. Salah satunya adalah permainan monopoli. Dengan menggunakan permainan monopoli siswa dapat melakukan kegiatan penjumlahan secara nyata dengan menggunakan uang mainan yang menyerupai uang asli. Tujuan dari penelitian ini adalah1)Untuk mendiskripsikan kemampuan penjumlahan mata uang peserta didik tunagrahita ringan kelas VI Di SDLB Idayu 02 Kabupaten Malang sebelum diterapkan permainan monopoli.2) Untuk mendiskripsikan kemampuan penjumlahan mata uang peserta didik tunagrahita ringan kelas VI Di SDLB Idayu 02 Kabupeten Malang setelah diterapkan permainan monopoli. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan monopoli dalam penjumlahan mata uang pada anak tunagrahita ringan kelas VI Di SDLB Idayu 02 Kabupeten Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentukOne Group Pretest-Posttest Design.Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas VI Tunagrahita di SDLB Idayu II Malang berjumlah 5 anak.Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan memberikan pre test terhadap siswa memberikan treatment lalu diberikan post test. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes objektif berupa soal pilihan ganda. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus wilcoxon. HasilbelajarmatapelajaranMatematikasebelummenggunakan permainan monopoli yaknisiswa yang memperolehnilai rata-rata 54. Hasil post-test mata pelajaran Matematika setelah menggunakan permainan monopoli yakni siswa yang memperoleh nilai rata-rata 80. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung(15) Ttabel (1) maka H1 diterima. Kesimpulannya adalahterdapat pengaruh permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada anak tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupeten Malang. Saran yang diberikan bagi guru diharapkan menerapkan permainan monopoli dalam pembelajaran matematika penjumlahan mata uang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item