Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif aksara Jawa bagi tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Kota Malang / Riza Ilmana Harir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif aksara Jawa bagi tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Kota Malang / Riza Ilmana Harir

Harir, Riza Ilmana (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif aksara Jawa bagi tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Kota Malang / Riza Ilmana Harir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilmana Riza. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Aksara Jawa bagi Tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata Kunci Aksara Jawa multimedia pembelajaran interaktif tunagrahita Mata pelajaran Bahasa Jawa kurang diminati siswa tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Kota Malang karena proses belajar mengajar hanya menggunakan cara ceramah tanpa menggunakan suatu media. Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif diduga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat produk berupa multimedia pembelajaran interaktif dengan materi belajar Aksara Jawa bagi siswa tunagrahita hingga layak digunakan. Pengembangan produk dilaksanakan dengan metode dari Lee dan Owens yang mempunyai empat tahap pengembangan yaitu (1) analisis (2) desain (3) pengembangan dan implementasi serta (4) evaluasi. Validasi produk dilakukan melalui ahli media ahli materi dan praktisi. Uji coba dilaksanakan dengan sasaran siswa tunagrahita di SMPLB Putra Jaya. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk validasi dan tes untuk uji coba. Hasil pengembangan telah menunjukkan bahwa produk berupa multimedia pembelajaran interaktif Aksara Jawa bagi tunagrahita di SMPLB Putra Jaya Kota Malang layak digunakan. Hasil pengembangan diperoleh melalui angket validasi dengan skor maksimal 4 dan skor minimal 1. Skor validasi ahli media adalah 3.87 (layak digunakan). Skor validasi ahli materi adalah 3.70 (layak digunakan). Skor validasi praktisi menghasilkan nilai 3.30 (menarik). Hasil implementasi menyebutkan skor seluruh anak pada post-tes adalah 87.5 dan pre-tes adalah 75.0 sehingga produk yang dikembangkan sudah efektif untuk digunakan. Saran untuk guru diharapkan agar media bisa digunakan pada setiap pembelajaran materi Aksara Jawa. Saran untuk siswa media bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar di dalam kelas dan di tempat lain. Saran bagi sekolah media ini bisa dijadikan sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran di SMPLB Putra Jaya. Saran diseminasi produk yaitu untuk sekolah luar biasa lain yang memiliki karakteristik sasaran yang sama dengan penelitian dan pengembangan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item