Pengaruh reading Aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Akta Sunci Mahartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh reading Aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Akta Sunci Mahartika

Mahartika, Akta Sinci (2016) Pengaruh reading Aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung / Akta Sunci Mahartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunci Akta Mahartika. 2016. Pengaruh Reading Aloud Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Dr. Saichudin M.Kes Kata kunci Tunagrahita Reading Aloud Kemampuan Membaca Pemahaman Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan rendah yang membutuhkan pendamping dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mereka tidak dapat mandiri dan terus bergantung dengan orang lain. Membaca merupakan suatu kemampuan yang sangat dibutuhkan. Membaca bukan hanya mengucapkan bahasa tulisan atau lambang bunyi melainkan juga menanggapi dan memahami isi bacaan. Kemampuan membaca yang dimiliki siswa tidak didapat secara instan melainkan dengan adanya proses pembelajaran dengan tahapan membaca permulaan dan membaca pemahaman. Kemampuan membaca anak tunagrahita ringan relatif rendah bila dibandingkan dengan anak normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh reading aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan One-Group Pre-test Post-test Design. Subjek dalam penelitian berjumlah 6 anak. Untuk mengumpulkan data hasil membaca pemahaman menggunakan tes soal pemahaman. Sedangkan analisis data menggunakan rumus uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil pengujian data yang diperoleh sebelumnya didapat hasil nilai rata-rata pretest 40 dan rata-rata nilai posttest 86 6 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yakni 0 023 0 05. Hasil peningkatan rata-rata nilai menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita ringan melalui teknik reading aloud. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan dengan menggunakan teknik reading aloud antara sebelum dilakukan treatment dan sesudah dilakukan treatment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item