Pengaruh metode visual, auditory, kinesthetic, and tactile (vakt) terhadap kemampuan menulis permulaan anak dysgraphia / Lutfia Rahmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode visual, auditory, kinesthetic, and tactile (vakt) terhadap kemampuan menulis permulaan anak dysgraphia / Lutfia Rahmansyah

Rahmansyah, Lutfia (2016) Pengaruh metode visual, auditory, kinesthetic, and tactile (vakt) terhadap kemampuan menulis permulaan anak dysgraphia / Lutfia Rahmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmansyah Lutfia. 2016. Pengaruh Metode Visual Auditori Kinestetic and Tactile (VAKT) Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Dysgraphia. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) Dr. Saichudin M.Kes. Kata kunci Dysgrafia kemampuan menulis permulaan metode VAKT Siswa dysgrafia merupakan suatu keadaan yang menunjuk pada kesulitan siswa mengekspresikan pikiran secara tertulis yang berkaitan dengan tulisan tangan yang sangat jelek sehingga kesulitan melakukan ekspresi secara tertulis. Siswa dysgrafia memerlukan metode yang mampu memudahkan dalam menulis permulaan. Melalui penelitian ini digunakan metode VAKT yang sesuai karakter dan kebutuhan siswa. Metode VAKT merupakan metode pembelajaran yang menggunakan modalitas visual (penglihatan) auditory (pendengaran) tactile-kinesthetic (gerak-raba). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan sebelum menggunakan metode VAKT (2) mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan setelah menggunakan metode VAKT (3) mendeskripsikan pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan menulis permulaan di SLB Raharja Sejahtera Kandangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A sebanyak 14 sesi. Pada baseline-1 (A1) sebanyak 4 sesi pada intervensi (B) sebanyak 6 sesi pada baseline-2 (A2) sebanyak 4 sesi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis lembar observasi dan lembar penilaian. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi yang disajikan dengan tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada baseline-1 menunjukkan nilai rata-rata 53%. Intervensi menunjukkan nilai rata-rata 91%. Baseline-2 menunjukkan nilai rata-rata 76%. Dari ketiga fase terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa metode VAKT mempengaruhi peningkatan kemampuan menulis permulaan anak dysgrafia di SLB Raharja Sejahtera Kandangan. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) diharapkan guru dapat melanjutkan penerapan metode VAKT dalam pembelajaran dikarenakan metode VAKT ini memberi pengaruh positif terhadap kemampuan menulis permulaan. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas yakni pada jenis anak berkebutuhan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item