Pengaruh media komik terhadap perilaku disiplin pada anak tunagrahita kelas X di SMALB Pembina Tingkat Nasional bagian C Malang / Dewi Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media komik terhadap perilaku disiplin pada anak tunagrahita kelas X di SMALB Pembina Tingkat Nasional bagian C Malang / Dewi Yuliani

Yuliani, Dewi (2016) Pengaruh media komik terhadap perilaku disiplin pada anak tunagrahita kelas X di SMALB Pembina Tingkat Nasional bagian C Malang / Dewi Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliani Dewi. 2016. Pengaruh Media Komik terhadap Perilaku Disiplin pada Anak Tunagrahita kelas X di SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (II) Drs. Saichudin M.Kes. Kata Kunci Perilaku Disiplin Media Komik Tunagrahita. Anak tunagrahita ringan adalah anak yang memiliki IQ 55-75 mereka kurang mampu untuk mengikuti program sekolah biasa tetapi memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan antara lain membaca menulis berhitung dan binadiri. Dalam penelitian ini yang di ukur bukanlah tingkat kognitif siswa melainkan perilaku disiplin siswa di kelas. Perilaku disiplin sangatlah penting untuk diberikan apalagi untuk mereka yang memiliki hambatan dalam intelegensinya. Saat peneliti melakukan observasi mereka kurang disiplin contoh mereka suka mencari perhatian dari orang di lingkungan sekitarnya suka mengganggu teman hal tersebut membuat guru kelas kesulitan untuk menanganinya. Sehubungan dengan itu peneliti merasa tertarik untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di kelas. Permasalahan pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap perilaku disiplin siswa tunagrahita kelas X di SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Penelitian ini menggunakan Quasy Experiment Design dengan bentuk time series design. Instrumen yang digunakan adalah panduan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian uji hipotesisnya menggunakan uji wilcoxon. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa nilai rata-rata pre test (perilaku disiplin sebelum diberi treatment) sebesar 51 75 sedangkan nilai post test (perilaku disiplin setelah diberikan treatment) sebesar 79 85. Berdasarkan hail perhitungan terhadap jumlah harga mutlak yang diambil (terkecil) adalah Thitung 0 dan . Sedangkan T pada tabel dengan taraf nyata 945 0 05 diperoleh harga 1. Dari kriteria pengujian yang telah ditetapkan maka harga Thitung Ttabel sehingga 0 1 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik berpengaruh terhadap perilaku disiplin pada anak tunagrahita kelas X di SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Saran yang diajukan adalah (1) Untuk guru dan sekolah hendaknya menggunakan media komik sebagai media pembelajaran di kelas bukan hanya membentuk perilaku disiplin saja melainkan banyak manfaat yang dapat diambil dari membaca komik. Untuk mencapai hasil yang maksimal saat proses pembelajaran guru juga harus bertindak lebih tegas dalam mendisiplinkan siswa (2) Untuk peneliti selanjutnya yaitu hendaknya mengembangkan media komik dengan berbagai tema bukan hanya disiplin di kelas namun juga bisa pendidikan karakter yang lainnya misalnya sikap jujur rukun tanggung jawab dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item