Pengaruh metode Discrete Trial Training (DTT) terhadap kemampuan menulis permulaan anak autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang / Dory Agustia Rantawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode Discrete Trial Training (DTT) terhadap kemampuan menulis permulaan anak autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang / Dory Agustia Rantawi

Rantawi, Dory Agustia (2016) Pengaruh metode Discrete Trial Training (DTT) terhadap kemampuan menulis permulaan anak autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang / Dory Agustia Rantawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rantawi Dory Agustia. 2016. Pengaruh Metode Discrete Trial Training Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik D Hastuti M.Pd (2) Drs.Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata kunci Autis Metode Discrete Trial Training Menulis Permulaan. Anak dengan gangguan autis memiliki karakteristik yang berbeda dengan setiap individunya. Keberagaman karakteristik anak autis sifatnya selalu berkelanjutan sehingga memiliki sindrom yang selalu berbeda pula oleh sebab itu autis sering disebut dengan ASD (Autis Spectrum Disorder). Anak autis memiliki gangguan sensoris salah satunya adalah kemampuan menulis permulaan. Kemampuan menulis permulaan tersebut membutuhkan penanganan dengan metode belajar yang tepat agar dapat mengembangkan keterampilan tersebut. Salah satu metodenya adalah metode Discrete Trial Training. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan anak autis sebelum diberikan metode Discrete Trial Training (2). Mendeskripsikan kemampuan anak autis setelah diberikan metode Discrete Trial Training (3). Mendeskripsikan pengaruh metodeDiscrete Trial Training terhadap kemampuan menulis permulaan anak autis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjekpenelitian ini adalah seorang anak autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kerjasiswa yang berisikan tentang nama hewan dan nama bagian tubuh hewan dengan menggunakan kriteria penilaian dengan skor maksimal adalah 4 dan 0 sebagai skor terendah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Discrete Trial Trainingterhadap kemampuan menulis permulaan anak autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase overlap 0%. Selain itu juga hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan menulis permulaan anak autis memiliki nilai tertinggi saat kondisi Baseline-2 atau kondisi kontrol yaitu stabil 87dan saat kondisi intervensi yaitu 83. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulannya adalah metode Discrete Trial Training memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan anak autis di SLB Idayu 02 Kabupaten Malang. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Guru disarankan untuk mengetahui metode belajar yang tepat terhadap anak autis dengan menambah jumlah referensi metode untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaanbagi anak autis (2) Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk melalukan penelitian dengan mencoba metode belajar yang baru dan sesuai dengan kebutuhan belajar anak dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8912

Actions (login required)

View Item View Item