Restanti, Dwike Amalia (2016) Pengaruh permainan domino math terhadap kemampuan pengenalan bilangan bagi siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Dwike Amalia Restanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Restanti Dwike Amalia. 2016. Pengaruh Permainan Domino Math Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Bagi Siswa Tunagrahita Kelas 1 di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Tunagrahita Kemampuan Mengenal Bilangan Domino Math Anak tunagrahita adalah mereka yang memiliki taraf kecerdasan di bawah rata-rata sehingga anak tunagrahita membutuhkan layanan dan bimbingan khusus. Siswa tunagrahita kelas 1 mengalami kesulitan dalam menyebutkan bilangan memahami makna bilangan menulis dan menghitung bilangan secara urut. Permainan domino math dirancang untuk membantu siswa memahami bilangan. Permainan merupakan media yang meningkatkan perkembangan kognitif anak sehingga dengan permainan domino math kemampuan mengenal bilangan anak tunagrahita dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang dalam mengenal bilangan sebelum dilakukan permainan domino math (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang Malanag dalam mengenal bilangan sesudah dilakukan permainan domino math (3) Mendeskripsikan pengaruh permainan domino math terhadap kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Time Series Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tungrahita kelas 1 di SDLB Negeri Kedungkandang Malang yang terdiri dari 5 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes atau ujian tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi ke sekolah pemberian pre test pelaksanaan treatment dengan menggunakan permainan domino math kemudian pemberian post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hitung rata-rata pre test sebesar 45 5 termasuk dalam kategori sangat rendah. Terdapat perbedaan kemampuan mengenal bilangan sebelum diberikan permainan domino math dan sesudah diberikan permainan domino math yang ditunjukkan dengan hasil nilai Thitung (15) Ttabel (1) H1 diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh permainan domino math terhadap kemampuan mengenal bilangan siswa tunagrahita kelas I di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan domino math terhadap kemampuan pengenalan bilangan pada siswa tunagrahita kelas 1 di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Saran untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat menggunakan permainan domino sebagai alat bantu belajar siswa pada matapelajaran yang lainnya. Tentu saja dengan bentuk kartu yang lebih menarik dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |