Rizki, Bunga Lailatul (2016) Pengembangan kamus bahasa Inggris bergambar dalam pembelajaran keterampilan anak tunarungu kelas X SMAL-B YPTB Malang / Bunga lailatul Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizki Bunga Lailatul. 2016. Pengembangan Kamus Bahasa Inggris Bergambar dalam Pembelajaran Keterampilan Anak Tunarungu Kelas X SMALB-B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Effendi M.Pd M.Kes (II) Henry Praherdiono M.Si. M.Pd. Kata kunci kosakata kamus bergambar pembelajaran bahasa inggris tunarungu Anak tunarungu sering dikatakan dengan anak yang minim kosakata. Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa asing yang menjadi bahasa internasional. Mata pelajaran bahasa inggris untuk semua jenis anak berkebutuhan khusus termasuk anak tunarungu baru dikenalkan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini menyebabkan anak tunarungu yang sudah duduk di bangku SMA mengalami Kendala dalam menguasai bahasa inggris khususnya dalam penguasaan kosa kata. Anak tunarungu memerlukan media visualisasi. Oleh karena itu melalui penelitian ini dikembangkan Kamus Bahasa Inggris Bergambar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan Kamus Bahasa Inggris Bergambar dalam Pembelajaran keterampilan bagi anak tunarungu kelas X di SMALB-B YPTB Malang. Kamus bahasa inggris bergambar ini dapat membantu penguasaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu dan mampu membantu pemahaman konsep suatu kata yang belum mereka ketahui. Pengambangan Kamus bahasa inggris bergambar ini mengadaptasi langkah-langkah model Borg Gall yang terdiridari 10 tahap. Subjek uji coba produk adalah ahli materi ahli media ahli praktisi uji kelompok kecil dan kelompok besar dengan pre testdan post test. Hasil pengembangan menunjukkan tingkat kevalidan kamus. Hasil penilaian ahli materi memperoleh skor 90 9% ahli media 96 4% ahli praktisi 90% uji kelompok kecil 93 75%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah kamus bahasa inggris bergambar dalam pembelajaran keterampilan ini tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembalajaran bahasa inggris. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan untuk menggunakan kamus ini dalam pembelajaran bahasa inggris untuk membantu kendala anak dalam penguasaan kosakata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |