Keefektifan metode backward chaining untuk meningkatkan keterampilan makan pada anak disabilitas intelektual limited / Arip Apriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode backward chaining untuk meningkatkan keterampilan makan pada anak disabilitas intelektual limited / Arip Apriyadi

Apriyadi, Arip (2016) Keefektifan metode backward chaining untuk meningkatkan keterampilan makan pada anak disabilitas intelektual limited / Arip Apriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriyadi Arip. 2016. Keefektifan Metode Backward Chaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Makan Pada Anak Disabilitas Intelektual Limited. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M. Kes (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Disabilitas intelektual Keterampilan makan Backward chaining. Anak disabilitas intelektual memiliki masalah dalam perilaku adaptif. Salah satu hambatan dalam perilaku adaptif adalah pada keterampilan makan. Sebagai contoh anak disabilitas intelektual membutuhkan bantuan orang lain saat memegang sendok menyendok makanan membawa makanan ke mulut dan sebagainya. Selain itu guru tidak mengajarkan keterampilan makan dengan metode yang sesuai. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu metode pengajaran atau modifikasi perilaku untuk meningkatkan keterampilan makan anak disabilitas intelektual. Metode tersebut adalah backward chaining yang membentuk suatu perilaku baru dengan sistem pengajaran yang dimulai dari tahapan terakhir. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang 1) kemampuan anak disabilitas intelektual sebelum diberikan intervensi menggunakan backward chaining 2) kemampuan anak disabilitas intelektual setelah diberikan intervensi menggunakan backward chaining dan 3) keefektifan backward chaining untuk meningkatkan keterampilan makan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model desain A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu anak disabilitas intelektual yang berusia 10 tahun kelas 1 di SDLB Putra Jaya Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 sebesar 71 sedangkan intervensi sebesar 94 71 dan baseline-2 sebesar 94. Selain itu presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya pengaruh keefektifan backward chaining sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan keteramplan makan sebagai target behavior. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan metode modifikasi perilaku yaitu backward chaining untuk membentuk perilaku baru yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item