Candra, Hana Aditiya (2016) Pengaruh alat permainan edukatif teka-teki silang bergambar terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB B/C Dharma Wanita 01 Pakisaji Malang / Hana Aditiya Chandra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Candra Hana Aditiya. 2016. Pengaruh Permainan Teka-teki Silang Bergambar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetauan Sosial Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV Di SLB B/C Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Ir. EndroWahyuno M.Si(2) Dra. Sudarsini M. Pd . Kata kunci Permainan Teka-teki Silang Bergambar tunagraita ringan Hasil Belajar IPS Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas tunagrahita ringan kelas IV di SLB B/C Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang pada kegiatan pembelajaran IPS dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di antaranya adalah siswa cenderung pasif hanyamemperhatikanpenjelasan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa hanya mencatat materi yang disampaikan guru. Guru juga kurangmenggunakan media pembelajaran yang bervariasi sehingga kurang menarik minat siswa. Dari kenyataan tersebut berakibat nilai rata-rata pembelajaran IPS 42 66. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki silang bergambar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) anak Tunagrahita Ringan kelas IV SDLB Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis penelitian Pre Eksperimental Design. Dan dalam penelitian peneliti menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design . Hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum menggunakan permainan teka-teki silang bergambar yakni siswa yang memperoleh nilai 20-39 ada 1 siswa dan yang memperoleh nilai 40-55 ada 4 siswa. Nilai tertinggi pre-test adalah 53 3dan nilai terendah pre-test adalah 33 3 sedangkan rata-ratanya adalah 42 66. Hasil post-test mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial setelah menggunakan permainan teka-teki silang bergambar yakni siswa yang memperoleh nilai 66-79 ada 1 siswa dan yang memperoleh nilai 80-100 ada 4 siswa sedangkan rata-ratanya adalah 81 34. Diliat dari rata-rata hasil pre-test yaitu 42 66 ke rata-rata hasil post-test 81 34 dapat dikatakan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan teka-teki silang bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) anak Tunagrahita Ringan kelas IV SLB B/C Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |