Pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa tunagrahita kelas II SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Muhammad Rizqianto Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa tunagrahita kelas II SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Muhammad Rizqianto Fauzi

Fauzi, Muhammad Rizqianto (2016) Pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa tunagrahita kelas II SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Muhammad Rizqianto Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Muhammad Rizqianto. Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Tunagrahita Kelas II SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Tunagrahita Anak tunagrahita memiliki karakteristik yang beragam salah satunya keterbatasan kognitif dalam memproses informasi. Anak tungrahita akan kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam akan sulit diterima jika metode pembelajarannya secara konvensional. Untuk mengatasi masalah yang terjadi perlu adanya pendekatan pembelajaran IPA yang lebih banyak difokuskan pada masalah kontekstual. Pendekatan jelajah alam sekitar salah satu pembelajaran IPA yang mengfokuskan pada pembelajaran di luar kelas dengan melihat subjek yang dibelajarkan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa tunagrahita sebelum menggunakan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa tunagrahita sesudah menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) mendeskripsikan pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa tunagrahita kelas II SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini adalah jenis penelitian Pre-Experimental Designs dengan perbandingan subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre test dan pos test. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis menggunakan rumus wicoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre test dan pos test. Dari hasil analisis data diketahuai bahwa kemampuan rata-rata hasil pre test sebesar 37 5 sedangkan pada pos test sebesar 78 75. Hasil output diperoleh nilai Thitung sebesar 36 dan Ttabel sebesar 6 menunjukan bahwa T(36) T 0 05 (6) sehingga H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan jelajah alam sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA tunagrahita kelas II Kepanjen Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diajukan untuk guru adalah penelitian ini dijadikan sebagai referensi pendekatan baru untuk memperbaiki pembelajaran IPA yang menggunakan pendekatan konvensional dengan menggunakan pendekatan pembelajaran jelajah alam sekitar agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan melakukan penelitian dengan mencoba pendekatan pembelajaran yang baru dan sesuai dengan kebutuhan belajar anak dalam materi mengenal bagian-bagian utama hewan pada anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8905

Actions (login required)

View Item View Item