Pengaruh permainan spelling puzzle terhadap kemampuan membaca kata siswa tunagrahita kelas 1 di SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Zulfa Lailatuz Zuroida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan spelling puzzle terhadap kemampuan membaca kata siswa tunagrahita kelas 1 di SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Zulfa Lailatuz Zuroida

Zuroida, Zulfa Lailatuz (2016) Pengaruh permainan spelling puzzle terhadap kemampuan membaca kata siswa tunagrahita kelas 1 di SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Zulfa Lailatuz Zuroida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuroida Zulfa. 2016. Pengaruh Permainan Spelling Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunagrahita Kelas 1 Di SDLB Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M. Hum. Kata kunci Tunagrahita membaca kata permainan spelling puzzle. Tunagrahita ringan dalam pembelajaran membaca khususnya membaca permulaan sebaiknya menggunakan pendekatan visual suara dan linguistik untuk bisa belajar membaca dengan fasih. Pembelajaran membaca permulaan yang diterapkan pada anak tunagrahita ringan akan lebih efektif jika disertai dengan adanya permainan. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu permainan yang dapat menunjang siswa dalam belajar membaca permulaan khususnya membaca kata sehingga dapat memperbaiki struktur bahasanya. Permainan tersebut adalah permainan spelling puzzle yang didalamnya terdapat gambar dan tulisan yang dapat membantu siswa dalam membaca kata. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang kemampuan membaca kata sebelum diberikan interensi dan saat diberikan interensi berupa permainan spelling puzzle serta mendiskripsikan pengaruh permainan spelling puzzle terhadap kemampuan membaca kata anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model desain A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu siswa tunagrahita yang berusia 9 tahun kelas 1 di SDLB Kepanjen Kabupaten Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 sebesar57 6 sedangkan intervensi sebesar 88 5 dan menurun pada baseline-2 sebesar 79 6 namun tetap stabil. Selain itu presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya pengaruh permainan spelling puzzle sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan kemampuan membaca kata sebagai target behavior. Saran untuk guru diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki siswa tunagrahita dengan cara mengoptimalkan indra yang lain yang masih berfungsi. Pengoptimalan bisa dilakukan pada saat pembelajaran agar peserta didik lebih memahami materi dalam pembelajaran. Cara pengoptimalan dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembelajaran dengan media ataupun metode yang menarik. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan permainan spelling puzzle pada subjek dengan karakteristik yang berbeda atau dengan target behavior yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8904

Actions (login required)

View Item View Item