Pengembangan multimedia interaktif materi tandu darurat dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan bagi siswa tuna rungu di SMALB BC Kepanjen / Muhamad Izhar Safawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi tandu darurat dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan bagi siswa tuna rungu di SMALB BC Kepanjen / Muhamad Izhar Safawi

Safawi, Muhamad Izhar (2016) Pengembangan multimedia interaktif materi tandu darurat dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan bagi siswa tuna rungu di SMALB BC Kepanjen / Muhamad Izhar Safawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safawi Muhamad Izhar. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Tandu Darurat dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Bagi Siswa Tunarungu di SMALB BC Kepanjen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata kunci Multimedia Interaktif Kepramukaan Tunarungu Tunarungu adalah keadaan dimana seseorang atau individu mengalami gangguan atau hambatan dengan indera pendengaran yang disebabkan oleh berbagai faktor sehingga mengalami kesulitan menerima informasi materi yang di berikan oleh guru. Oleh karena itu siswa tunarungu memerlukan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Hak atas pendidikan bagi setiap individu pendidikan Kepramukaan dan ekstrakurikuler Kepramukaan diwajibkan oleh pemerintah pentingnya pendidikan karakter dan masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran menjadi latar belakang dalam penelitian dan pengembangan ini. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif materi tandu darurat bagi siswa tunarungu kelas X XI XII SMALB BC Kepanjen yang menarik sehingga meningkatkan kemampuan kognitif siswa tunarungu kelas X XI XII SMALB BC Kepanjen dalam proses belajar mengajar pada kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan. Pengembangan multimedia interaktif ini mengadaptasi langkah-langkah model Borg Gall terdiri dari 7 tahap. Subyek uji coba produk adalah ahli materi ahli media praktisi dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa tunarungu kelas X XI XII SMALB BC Kepanjen. Hasil pengembangan menunjukkan tingkat kevalidan multimedia interaktif. Hasil penilaian ahli materi memperoleh presentase 91% (sangat layak) ahli media memperoleh presentase 98% (sangat layak) praktisi memperoleh presentase 84 5 % (sangat layak) hasil uji coba kelompok kecil terbagi dua tahap tahap I pembelajaran dengan bantuan dan bimbingan guru atau pembina memperoleh presentase 89 9 % dengan kriteria sangat efektif dan dapat digunakan. Tahap II pembelajan tanpa bantuan dan bimbingan guru atau pembina memperoleh presentase 75 8 % dengan kriteria efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil didapatkan penilaian produk bahwa multimedia interaktif materi tandu darurat sangat layak dan sangat efektif digunakan dengan bantuan dan bimbingan guru atau pembina. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilkan termasuk dalam kriteria yang layak dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa Tunarungu kelas X XI XII SMALB BC Kepanjen. Saran yang diajukan adalah peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan media pembelajaran dengan subyek yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item