Zahrani, Akhmad (2016) Pengaruh media gambar terhadap permainan dasar bulu tangkis pada siswa tuna rungu kelas XI SLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang / Akhmad Zahrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zahrani Akhmad. 2015. Pengaruh Media Gambar Terhadap Permainan Dasar Bulutangkis Pada Siswa Tunarungu Kelas XI di SLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Tunarungu permainan dasar bulutangkis media gambar. Pembelajaran jasmani perlu diterapkan pada anak berkebutuhan khusus salah satunya adalah anak tunarungu. Tunarungu memiliki keterbatasan dalam kemampuan berkomunikasi. Banyak sekali terjadi kesalahpahaman antara guru dan siswa saat berkomunikasi maka pada saat melaksanakan pembelajaran jasmani bagi anak tunarungu khususnya olah raga bulutangkis membutuhkan keterampilan guru dalam berkomunikasi kepada anak dan memberikan penjelaskan materi tentang teknik dasar bermain bulu tangkis yang baik dan benar. Ketika guru menjelaskan materi kepada siswa tunarungu guru dapat menggunakan media gambar yang berisi tentang teknik dasar permainan bulutangkis sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan permainan dasar bulutangkis pada siswa tunarungu kelas XI SLB B - C Kepanjen Kabupaten Malang sebelum diberikan intervensi dan saat diberikan interensi berupa media gambar serta mendiskripsikan ada tidaknya pengaruh media gambar terhadap permainan dasar bulutangkis pada siswa tunarungu kelas XI SLB B - C Kepanjen Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Reseach (SSR) dengan model desain A-B-A. Subjek penelitian menggunakan satu siswa tunarungu kelas XI di SLB Kepanjen Kabupaten Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan perolehan mean level yang meningkat dari baseline-1 sebesar 37 5 sedangkan intervensi sebesar 89 88 dan lebih meningkat pada baseline-2 sebesar 91 dengan perolehan data stabil. Selain itu presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya pengaruh media gambar sebagai bentuk intervensi terhadap permainan dasar bulutangkis sebagai target behavior. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan media dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |