Pengembangn bahan ajar ilmu pengetahuan sosial multimedia interaktif untuk siswa kelas VII di SMPN 3 Kediri / Randy Putro Cahyo Buono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangn bahan ajar ilmu pengetahuan sosial multimedia interaktif untuk siswa kelas VII di SMPN 3 Kediri / Randy Putro Cahyo Buono

Buono, Randy Putro Cahyo (2010) Pengembangn bahan ajar ilmu pengetahuan sosial multimedia interaktif untuk siswa kelas VII di SMPN 3 Kediri / Randy Putro Cahyo Buono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Buono Randy Putro Cahyo. Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester I di SMP Negeri 3 Kediri. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr Punadji Setyosari M. Pd. (2) Drs. H. Zainul Abidin M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif IPS Bahan ajar dengan konsep multimedia interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini juga berasumsi sama dengan konsep multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan sebuah sajian permainan atau aplikasi yang menggabungkan audio (suara) gambar animasi dan teks serta dapat mengendalikan tombol-tombol seperti pemacu CD-ROM yang dapat di kendalikan sendiri oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 3 Kediri penggunaan bahan ajar multimedia interaktif dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan hanya adanya bahan ajar cetak sebagai penunjang siswa dalam memahami materi. Karena itu pengembang membuat alternatif pilihan bahan ajar melalui pengembangan bahan ajar multimedia interaktif. Tujuan pengembangan bahan ajar multimedia interaktif ini adalah menghasilkan sebuah multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII SMP yang efektif dalam pembelajaran. Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VII semester I Tahun 2009 di SMP Negeri 3 Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil pengembangan bahan ajar multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 72 5% ahli materi 87 5% audiens perseorangan 81 6% dan audiens lapangan 84 2%. Sedangkan untuk hasil belajar pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi SKM dari 23 3% sebelum penggunaan bahan ajar multimedia interaktif menjadi 66 6% setelah penggunaan bahan ajar multimedia interaktif sehingga bahan ajar multimedia interaktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada pengembang selanjutnya adalah hendaknya hasil produk bahan ajar multimedia interaktif ini ditindak lanjuti dengan memperbaiki layout dari multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item