Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita sedang kelas IV di SDLB PGRI Genteng Kabupaten Banyuwangi / Ika Rosalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita sedang kelas IV di SDLB PGRI Genteng Kabupaten Banyuwangi / Ika Rosalina

Rosalina, Ika (2016) Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita sedang kelas IV di SDLB PGRI Genteng Kabupaten Banyuwangi / Ika Rosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosalina Ika. 2016. Pengaruh Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas IV di SDLB PGRI Genteng Kabupaten Banyuwangi. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata Kunci permainan monopoli membaca permulaan Membaca pada hakikatnya adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal tidak hanya sekedar melafalkan tulisan tetapi juga melibatkan aktivitas visual berfikir psikolinguistik dan mekakoknitif. Bagi peserta didik yang mengalami tunagrahita mengembangkan kemampuan membaca masih sangat sulit. Untuk mengatasi masalah yang tersebut perlu adanya inovasi untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Permainan monopoli merupakan permainan yang terbuat dari papan yang berpetak-petak. Setiap petak monopoli akan diisi dengan bebrapa kata sederhana untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik tunagrahita sebelum menggunakan permainan monopoli mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan permainan monopoli mendeskripsikan pengaruh pengunaan permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik tunagrahita kelas IV di SDLB PGRI Genteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-tes dan nilai rata-rata post-tes. Diketahui hasil nilai rata-rata pre-test adalah 43 8 sedangkan hasil nilai rata-rata post-test adalah 66 25. Hasil output diperoleh bahwa yang bertanda negatif sebanyak 15 dan yang bertanda positif sebanyak 0. Menunjukkan bahwa jhit 0 05 maka Ho di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik tunagrahita kelas IV di SDLB PGRI Genteng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item