Pengembangan media kubah (kubus hijaiyah) dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas VIII di SPMLBN Kedung Kandang Malang / Siti Mar'atus Sholikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kubah (kubus hijaiyah) dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas VIII di SPMLBN Kedung Kandang Malang / Siti Mar'atus Sholikha

Sholikha, Mar'atus Siti (2016) Pengembangan media kubah (kubus hijaiyah) dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas VIII di SPMLBN Kedung Kandang Malang / Siti Mar'atus Sholikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihah Siti Mar atus. 2016. Pengembangan Media KUBAH (Kubus Hijaiyah) dalam Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Siswa Tunarungu Kelas VIII di SMPLBN Kedung Kandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Kubus Hijaiyah Huruf Hijaiyah Tunarungu. Saat studi pendahuluan ditemukan siswa tunarungu mengalami kesulitan dan belum tersedia media pembelajaran dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah. Melihat karakteristik anak tunarungu pemilihan media yang sesuai dengan kemampuan dan karekteristik mereka yaitu menggunakan media visual. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan KUBAH (Kubus Hijaiyah). Tujuan penelitian pengembangan secara umum yaitu menghasilkan media pembelajaran KUBAH (Kubus Hijaiyah) yang valid dimanfaatkan bagi siswa tunarungu kelas VIII dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah di SMPLBN Kedung Kandang Malang. Penelitian ini menggunakanmodel pengembangan Research and Development (R D) Borg dan Gallyaitu (1)Penelitian dan Pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan draf produk (4) Uji coba lapangan awal (5)Merevisi hasil uji coba (6) Uji coba lapangan (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUBAH (Kubus Hijiayah) sangat valid untuk digunakan. Hasil dari ahli materi diperoleh skor 95 % (sangat layak) ahli media 100 % (sangat layak) ahli praktisi 93 % (sangat valid) dan untuk calon pengguna 81 % (sangat layak). Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah sangat valid digunakan beradasarkan validasi dari ahli materi ahli media ahli praktisi dan calon pengguna. Berdasarkan uji coba penggunaan KUBAH pada siswa tunarungu kelas VIII secara kuantitatif dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah (1) KUBAH diharapkan lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan (2) Untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas lagi tidak hanya di SMPLB Negeri Kedung Kandang Malang tapi juga untuk ABK dan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8897

Actions (login required)

View Item View Item