Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Idayu 1 Malang / Trisna Ayu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Idayu 1 Malang / Trisna Ayu Lestari

Lestari, Trisna Ayu (2016) Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SDLB Idayu 1 Malang / Trisna Ayu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Trisna Ayu.2016. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II SDLB Idayu I Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Mohamad. Efendi. (II) Henry Praherdiono M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Kemampuan Membaca Permulaan Tunagrahita. Tunagrahita (Intelectual Disability) adalah siswa yang kecerdasannya berada dibawah rata - rata . Mengalami gangguan dalam akademik emosi mentalnya gangguan terhadap perilaku adaptif.Skor IQ tunagrahita ringan 69-55. Terkait pengertian tunagrahita tersebut maka membutuhkan media pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video adalah media pembelajaran yang menampilkan audiovisual dalam penyampaian materi. Tujuan penelitian (1) menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video (2) menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita setelah menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Video (3) menganalisis pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Interaktif berbasis video dan membantu siswa untuk belajar membaca permulaan khususnya pada siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Quasi Experimental dengan design Time Series. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 5 siswa kelas II SDLB Idayu I Malang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif statistik non parametris. Kesimpulan menunjukkan sebelum penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video mendapatkan hasil sebesar 65 3 dan setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis video mendapatkan hasil sebesar 79 4. Dari hasil tersebut terlihat ada peningkatan sebesar 2% yang menyatakan bahwa ada pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis video terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas II SDLB Idayu I Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item View Item