Pengembangan video stop motion scramble untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris kelas VIII SMPLB Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Windy Lusyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video stop motion scramble untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris kelas VIII SMPLB Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Windy Lusyana

Lusyana, Windy (2016) Pengembangan video stop motion scramble untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris kelas VIII SMPLB Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Windy Lusyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lusyana Windy. 2016. Pengembangan Video Stop Motion Scramble untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Kelas VIII SMPLB Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M. Pd M. Kes 2) Dr. Sulthoni M. Pd Kata Kunci Video Stop Motion Scramble Kosakata Bahasa Inggris Tunarungu Perlunya keterampilan berbahasa inggris yang dimiliki anak tunarungu berbanding terbalik dengan kesulitan anak dalam melakukan berbahasa dan berkomunikasi. Hal ini sesuai dengan observasi di kelas VIII SMPLB BC Dharma Wanita 01dimana anak tunarungu mengalami kesulitan dalam menuliskan kata bahasa inggris dalam bab Anggota Tubuh. Kesalahan yang dilakukan siswa adalah seperti suku kata yang terbalik atau struktur katanya yang salah. Rendahnya kosakata pada anak tunarungu ini diperlukan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Bahasa Inggris yang berbentuk Video Stop Motion Scramble untuk anak Tunarungu kelas VII SMPLB dan menghasilkan media pembelajaran untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggirs siswa Tunarungu. Penelitian ini merupakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan yang disebut metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti secara terstruktur dilakukan studi pendahuluan perencanaan penelitian pengembangan produk awal uji coba lapangan awal revisi hasil uji lapangan terbatas uji kelayakan revisi hasil uji kelayakan dan diseminasi. Instrumen yang digunakan adalah angket wawancara observasi dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari ahli media secara keseluruhan video stop motion scramble dalam pembelajaran Bahasa Inggris tunarungu kelas VIII SMP BC Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang mendapatkan skor 95. Data yang diperoleh dari ahli materi secara keseluruhan video stop motion scramble mendapatkan skor 100 data yang diperoleh dari ahli Praktisi mendapatkan skor 82 5 dan Berdasarkan data hasil tes awal yang dilakukan oleh 3 siswa menunjukkan rata-rata 11 6 dan hasil tes akhir setelah menggunakan media stop motion scramble mmenunjukkan hasil 100. Kesimpulan berdasarkan data tersebut video stop motion scramble dalam pembelajaran Bahasa Inggris tunarungu kelas VIII SMP BC Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang dinilai sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. Siswa dapat belajar mandiri dengan adanya video stop motion scramble. Selain itu disarankan dalam penggunaannya juga didampingi buku ajar Bahasa Inggris supaya ilmu yang didapat lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8894

Actions (login required)

View Item View Item