Pengaruh permainan wayang kartun terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa tunagrahita kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Octavia Cipta Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan wayang kartun terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa tunagrahita kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Octavia Cipta Fitri

Fitri, Octavia Cipta (2016) Pengaruh permainan wayang kartun terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa tunagrahita kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Octavia Cipta Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitri Octavia Cipta. 2016. Pengaruh Permainan Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Pada Siswa Tunagrahita Kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Wayang Kartun Kemampuan Menyimak Cerita Tunagrahita Tunagrahita merupakan anak yang memiliki IQ di bawah rata-rata anak normal pada umumnya sehingga menyebabkan fungsi kecerdasan dan intelektual mereka terganggu yang menyebabkan kesulitan dalam menyimak cerita. Siswa tunagrahita memerlukan pembelajaran khusus yang dapat membantu dalam menyimak cerita. Salah satunya memberikan pembelajaran yang disertai dengan permainan wayang kartun. Permainan Wayang kartun merupakan sumber informasi yang dapat dicerna melalui visual yang kuat. Siswa akan lebih berminat dalam pembelajaran menyimak cerita dengan permainan wayang kartun sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan kemampuan menyimak cerita siswa tunagrahita kelas V sebelum diberikan permainan wayang kartun (2) Mendiskripsikan kemampuan menyimak cerita siswa tunagrahita kelas V setelah diberikan permainan wayang kartun (3) Mendiskripsikan pengaruh permainan wayang kartun terhadap kemampuan menyimak cerita bagi siswa tunagrahita ringan kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre experimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang Malang yang berjumlah 5 siswa. Instrument yang digunakan adalah non tes dan tes. Non tes dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan untuk menilai proses sedangkan tes yang digunakan adalah tes objektif dan tes subjektif yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diawali dengan merancang instrumen memberikan pretest terhadap siswa memberikan treatment yaitu dengan memberikan pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan permainan wayang kartun lalu tahap akhir memberikan post test. Analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test 55 77 dan nilai rata-rata post test 84 94. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung (15) Ttabel (1) maka Ho ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh permainan wayang kartun terhadap kemampuan menyimak cerita pada siswa tunagrahita kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Permainan Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Pada Siswa Tunagrahita Kelas V Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Saran untuk guru diharapkan untuk menerapkan permainan wayang kartun dengan baik dalam proses pembelajaran siswa tunagrahita kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item