Pengaruh metode Kinesthetic Tactile terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kelas dua SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Anggi Whima Epriliasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode Kinesthetic Tactile terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kelas dua SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Anggi Whima Epriliasari

Epriliasari, Anggi Whima (2016) Pengaruh metode Kinesthetic Tactile terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kelas dua SDLB Eka Mandiri Kota Batu / Anggi Whima Epriliasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Epriliasari Anggi Whima. 2016. Pengaruh Metode Kinesthetic Tactile terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Kelas Dua SDLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Effendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata kunci metode Kinesthetic Tactile membaca permulaan tunagrahita. Anak tunagrahita mempunyai taraf kecerdasan yang sangat rendah sehingga mereka membutuhkan layanan khusus. Anak tunagrahita juga mempunyai fungsi intelektual secara umum berada di bawah rata-rata. Dalam bidang kognitif yakni dalam pembelajaran anak tunagrahita memerlukan metode khusus untuk mempelajarai keterampilan membaca karena membaca merupakan salah satu contoh kesulitan belajar yang dimiliki peserta didik tunagrahita. Berbagai penelitian dilakukan terkait dengan penerapan metode pembelajaran membaca permulaan. Salah satunya dengan menggunakan metode Kinesthetic Tactile untuk pengenalan huruf dan kata melalui seluruh indera. Pada mulanya guru menunjukan suatu huruf lalu anak mengucapkan bunyi huruf kemudian guru menulis huruf di udara dan peserta didik mengikutinya lalu peserta didik memahami bunyi bentuk cara membuat huruf menulusuri artikulasi huruf. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Eka Mandiri Kota Batu dengan mengambil lima subyek yaitu kelas II. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test sesudah perlakuan. Setelah semua data terkumpul data diolah dan di analisis ke dalam statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Kinesthetic Tactile berpengaruh terhadap hasil keterampilan membaca permulaan peserta didik. Terbukti dengan perbandingan skor rata-rata yang diperoleh pada saat pre-test dan post-test yaitu sebesar 48 dan 73. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa metode Kinesthetic Tactile berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kelas II SDLB Eka Mandiri Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8890

Actions (login required)

View Item View Item