Pengaruh latihan persepsi Taktual Sally Mangold terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra kelas II di SDLB Idayu 1 Malang / Putri Nur Hakiki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan persepsi Taktual Sally Mangold terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra kelas II di SDLB Idayu 1 Malang / Putri Nur Hakiki

Hakiki, Putri Nur (2016) Pengaruh latihan persepsi Taktual Sally Mangold terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra kelas II di SDLB Idayu 1 Malang / Putri Nur Hakiki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakiki Putri Nur. 2016. Pengaruh Latihan Persepsi Taktual Sally Mangold Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SDLB IDAYU 1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dra.Sudarsini M.Pd Kata kunci persepsi Taktual Sally Mangold membaca permulaan tunanetra Tunanetra merupakan sebuah hambatan pada fungsi pengelihatan. Sebagai pengganti dari indera pengelihatan perlu diberikan latihan untuk mengasah indera kepekaan pada tunanetra. Hal tersebut perlu diberikan untuk mempersiapkan membaca braille pada siswa tunanetra. Latihan yang bisa diberikan adalah latihan persepsi taktual Sally Mangold. Latihan persepsi taktual Sally Mangold adalah kegiatan yang dirancang untuk melatih indera peraba tunanetra dan mengenalkan simbol-simbol huruf braille. Pada penelitian ini latihan persepsi taktual Sally Mangold akan diberikan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra kelas II di SDLB IDAYU 1 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh latihan persepsi taktual Sally Mangold terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra kelas II di SDLB IDAYU 1 Malang. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikankemampuan membaca permulaan siswa tunanetra sebelum diberikan intervensi (2) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra setelah diberikan intervensi berupa latihan persepsi taktual Sally Mangold dan (3) mendeskripsikan pengaruh latihan persepsi taktual Sally Mangold terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra kelas II di SDLB IDAYU 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Single Subyek Research dan menggunakan model A-B-A. A1 disebut dengan Baseline1 sebagai kondisi awal yang dilakukan tanpa adanya perlakuan untuk mendapatkan data awal. B atau Intervensi adalah kondisi pemberian perlakuan pada target behavior. A2 adalah baseline2 yang merupakan kondisi untuk mengetahui hasil dari intervensi yang diberikan sebelumnya. Analisis data yang dilakukan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil peningkatan yang sangat positif pada target behavior. Pada kondisi baseline1 (A1) kemampuan membaca permulaan subyek mengalami penurunan dan terjadi banyak kesalahan dalam sikap membaca subyek. Kondisi intervensi (B) terjadi peningkatan dimana subyek telah diberikan perlakuan mengenai sikap membaca yang benar dan telah diperkenalkan abjad braille dengan baik sedangkan peningkatan yang sangat baik didapat pada kondisi baseline2 (A2). Setelah diberikan intervensi kemampuan membaca permulaan subyek menjadi meningkat jauh dari baseline1 (A1). Dari skor nilai yang diperoleh subyek dari sesi ke sesi mengalami peningkatan dapat disimpulkan bahwa pemberian latihan persepsi taktual Sally Mangold berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunaneta kelas II di SDLB IDAYU 1 Malang. Setelah melakukan kegiatan dengan latihan persepsi taktual Sally Mangold pada penelitian ini dapat disarankan kepada guru maupun peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan kembali latihan persepsi taktual Sally Mangold untuk kemampuan membaca permulaan siswa tunanetra dengan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item