Utami, Norma Rita Febri (2016) Pengembangan media komik percakapan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang / Norma Rita Febri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Utami Norma Rita Febri. 2016. Pengembangan Media Komik Percakapan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Peserta Didik Tunarungu Kelas IX di SMPLB B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata kunci media komik percakapan bahasa inggris tunarungu. Pengucapan dalam Bahasa Inggris berbeda dengan cara penulisannya tidak seperti Bahasa Indonesia dimana apa yang tertulis begitulah cara membacanya. Keterbatasan dalam pendengaran membuat peserta didik tunarungu tidak memahami bagaimana pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris yang benar. Contoh pada kata home dalam Bahasa Inggris diucapkan oleh anak tunarungu dengan home yang seharusnya adalah houm. Maka dari itu penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan produk media pembelajaran berupa komik percakapan dengan materi Bahasa Inggris SK 1 3 untuk kelas IX SMPLB B semester 1 (2) Menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg Gall yang mana tahapan yang diterapkan terdiri dari 1) research and information collecting 2) planning 3) develop preliminary form of product 4) preliminary field testing 5) main product revision 6) main field testing 7) operational product revision 8) operational field testing 9) final product revision. Tahap validasi dilakukan oleh ahli media ahli materi dan ahli praktisi pembelajaran. Media diuji coba pada tahapan uji lapangan operasional kepada 3 orang peserta didik kelas IX SMPLB B YPTB Malang . Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa Komik Percakapan ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Terbukti dengan perolehan skor validasi dari ahli media sebesar 99% skor validasi dari ahli materi sebesar 91% dan skor validasi dari ahli praktisi pembelajaran sebesar 76%. Kemudian diperoleh skor rata-rata tingkat kelayakan media dari ketiga ahli tersebut sebesar 88 7% yang artinya media sangat layak untuk digunakan. Pada uji lapangan operasional menggunakan media komik percakapan terjadi peningkatan rata-rata skor pre-test sebesar 10 menjadi 36 63 pada skor post-test. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media komik percakapan ini untuk mata pelajaran lain selain Bahasa Inggris dan dapat juga menggunakan media komik percakapan yang dikembangkan ini dalam penelitian eksperimen atau sejenisnya untuk menguji apakah benar media ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris peserta didik tunarungu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8886 |
Actions (login required)
View Item |