Efektivitas teknik fading dan prompting untuk meningkatkan kosakata fungsional anak dengan gangguan spektrum autis di kelas I SDLB Putra Jaya Malang / Gaby Arnes

Arnes, Gaby (2016) Efektivitas teknik fading dan prompting untuk meningkatkan kosakata fungsional anak dengan gangguan spektrum autis di kelas I SDLB Putra Jaya Malang / Gaby Arnes. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arnez, Gaby. 2016. Efektivitas Teknik Fading dan Prompting untuk Meningkatkan Kosakata Fungsional Anak dengan Gangguan Spektrum Autis di Kelas 1 SDLB Putra Jaya Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd,M.Kes, (II) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum. Kata Kunci: teknik fading dan prompting, kosakata fungsional, gangguan spektrum autis, Malang. Anak dengan gangguan spektrum autis memiliki tiga area kerusakan yaitu interaksi, komunikasi dan perilaku. Program pendidikan dasar untuk anak dengan gangguan spektrum autis adalah mengembangkan kemampuan komunikasi. Salah satu indikator peningkatan kemampuan komunikasi siswa yaitu meningkatnya kosakata. Program treatment dimulai dari kosakata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Teknik yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu teknik fading (menghilangkan) dan prompting (bantuan). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keefektifan teknik fading dan prompting dalam meningkatkan kosakata fungsional anak dengan gangguan spektrum autis. Rancangan pada penelitian ini menggunakan single subject research dengan desain pengulangan A-B-A-B. Teknik penilaian pada komponen mengucapkan dan menunjuk kosakata fungsional melalui observasi pada fase baseline dan treatment, kemudian hasilnya di analisis melalui empat komponen yaitu mean, level, trend. rapidity/latency. Indikator penilaian pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu kemampuan mengucapkan dan kemampuan menunjuk. Pada masing-masing kemampuan memiliki tiga komponen penilaian, yaitu mandiri (M), prompt sebagian (P+), dan prompt utuh (TP). Analisis keefektifan data penelitian melalui empat komponen, maka hasilnya untuk kemampuan mengucapkan yaitu, mean dari komponen penilaian mandiri meningkat dari baseline 1 sebesar 35,7% menjadi 92,8% pada treatment 2, level meningkat positif, trend atau kecenderungan data dari fase baseline 1 hingga treatment 2 cenderung meningkat tajam, rapidity/latency tidak muncul. Hasil dari analisis kemampuan menunjuk yaitu, mean dari komponen penilaian mandiri meningkat dari baseline 1 sebesar 24,5% menjadi 92,8% pada treatment 2, level meningkat positif, trend dari fase baseline 1 hingga treatment 2 cenderung meningkat tajam, rapidity/latency tidak muncul. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan yaitu, teknik fading dan prompting terbukti efektif dapat meningkatkan komponen mandiri kemampuan menunjuk dan mengucapkan kosakata fungsional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item