Pengaruh media flipchart terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi untuk siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Agita Dian Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media flipchart terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi untuk siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Agita Dian Pertiwi

Pertiwi, Agita Dian (2016) Pengaruh media flipchart terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi untuk siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Agita Dian Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Agita Dian. 2016. Pengaruh Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi untuk Siswa Tunagrahita Kelas IV di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Moh. Efendi M. Pd. M.Kes. (II) Dr. Asim M. Pd. Kata kunci Media flipchart Hasil belajar Pembelajaran IPA materi sumber energi akan sulit diterima jika pembelajaran dilaksanakan secara konvensional. Penjelasan yang bersifat abstrak membuat pembelajaran tidak terserap dengan maksimal begitu juga dengan anak tunagrahita lebih kesulitan dalam memahaminya.Untuk mengatasi masalah yang terjadi maka perlu adanya pendekatan pembelajaran IPA materi sumber energiyang lebih banyak difokuskan pada masalah kontekstual. Media flipchartmerupakansalah satu pembelajaran IPA materi sumber energidengan media flipchart. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanhasil belajar IPA materi sumber energi anak tunagrahita sebelum menggunakan media flipchart mendeskripsikan hasil belajar IPA materi sumber energi anak tunagrahita sesudah menggunakan media flipchart mendeskripsikan pengaruh media flipchart terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi anak tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen PreExperimental Design dengan pembandingsubyek yang samadalamkondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Prasarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitasyang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 23.0 for Windowsdan uji F (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada saat pretestsebesar 45sedangkan pada post test sebesar 83. Hasil output diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 027. Menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 8804 945 /2.Berdasarkan kriteria tersebut maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa media flipchart berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi anak tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Saran yang diajukan untuk guru adalah penelitian ini dijadikan sebagaireferensi pendekatan baru untukmemperbaikipembelajaranIPA materi sumber energi menggunakan penilaian C1 dengan menggunakanmedia flipchartagar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitianmedia flipchartmateri selain macam-macam sumber energi dalam kehidupan sehari-haridisesuaikan dengan kondisi nyata di lingkungan peserta didik tinggal dan mengganti dengan model yang lebih relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item